Wali Kota Bogor, Bima Arya Bongkar Kronologi Rizieq Shihab Ogah Serahkan Hasil Swab Test

- Rabu, 14 April 2021 | 13:29 WIB
Rizieq Shihab (Antara/Reno Esnir)
Rizieq Shihab (Antara/Reno Esnir)

Wali Kota Bogor, Bima Arya menjadi saksi dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh Rizieq Shihab.

Dalam persidangan di PN Jakarta Timur, Bima Arya mengungkap bahwa Rizieq Shihab menolak memberitahukan hasil swab test yang dilakukannya.

"Kami tunggu hingga hari Sabtu (28/11/2020). Tapi yang saya terima justru surat Rizieq kepada saya, tetapi disampaikan secara terbuka. Surat tertulis yang menyebutkan dia (Rizieq Shihab) tidak berkenan untuk menyampaikan hasil swab PCR," kata Bima Arya, Rabu (14/4/2021).

Rizieq Shihab ternyata sudah melakukan swab test tanpa sepengetahuan Satgas Covid-19 Kota Bogor dan juga pihak RS UMMI sebagai rumah sakit rujukan.

Mantan petinggi ormas Islam itu memilih melakukan tes usap PCR dengan tim Mer-C.

Padahal sebelumnya, Bima sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga Rizieq Shihab yang diwakili oleh Hanif.

Pihak keluarga Rizieq Shihab sudah setuju untuk dilakukan tes usap di RS UMMI dan akan menyampaikan laporan hasil tes usap tersebut kepada pihak Satgas Covid-19.

"Kami belum tahu siapa saja (orang Mer-C) yang melakukan tes. Kemudian diberikan nama dan nomor kontak, kami wa untuk mohon koordinasinya. Mereka bilang siap, tapi hal itu tidak pernah terjadi," kata Bima.

Bima mengatakan bahwa perlu dilakukan swab test kepada Rizieq Shihab karena ada indikasi yang bersangkutan pernah menjalin kontak erat dengan orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Ada informasi yang kami dapatkan beliau kontak erat dengan orang-orang yang dinyatakan positif antara lain Wali Kota Depok dan saya sampaikan kepada dokter Andi Tatat. Dan setuju untuk dites PCR," jelas Bima Arya.

Namun, pada akhirnya Bima yang merupakan  Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor malah baru mengetahui hasil swab test Rizieq Shihab dari BAP kepolisian.

Dalam perjalanan kasusnya, RS Ummi malah menghalang-halangi Satgas  Covid-19 dalam menjalankan tugasnya terkait pelaksanaan tes usap terhadap Rizieq Shihab.

RS UMMI tidak berkoordinasi dengan baik dengan Satgas COVID-19 Kota Bogor terkait kasus tes usap Rizieq Shihab.

Artikel menarik lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X