Ditangkap, Pemimpin Demo Anti Kudeta Myanmar Wai Moe Naing Ternyata Seorang Muslim

- Jumat, 16 April 2021 | 15:28 WIB
Wai Moe Naing, salah satu pemimpin utama kampanye menentang kekuasaan militer di Myanmar. (Instagram/@ir_is7564).
Wai Moe Naing, salah satu pemimpin utama kampanye menentang kekuasaan militer di Myanmar. (Instagram/@ir_is7564).

Pasukan keamanan Myanmar menangkap Wai Moe Naing, salah satu pemimpin utama kampanye menentang kekuasaan militer, setelah menabraknya dengan mobil saat dia memimpin unjuk rasa protes dengan mengendarai sepeda motor pada Kamis (15/4/2021) waktu setempat.

Melansir dari Reuters, Wai Moe Naing ternyata seorang Muslim dan masih berusia 25 tahun. Ia muncul sebagai salah satu pemimpin oposisi paling terkenal terhadap kudeta.

"Saudara kami Wai Moe Naing ditangkap. Sepeda motornya ditabrak mobil polisi yang tidak bertanda," kata Win Zaw Khiang, anggota kelompok penyelenggara protes, di media sosial.

Beberapa rekan mengatakan mereka mengkhawatirkan keselamatan Wai Moe Naing.

"Kami harus melanjutkan perjuangan dengan menggandakan energi kami untuk Ko Wai Moe Naing, demi kebenaran, untuk masa kini dan masa depan negara," kata pemimpin protes lainnya, Tayzar San, di Facebook.

Baca Juga: Nia Ramadhani Tuai Pujian Usai Unggah Foto Pakai Kaftan di Hari Ultah, MasyaAllah

Kedutaan Swedia mengatakan sedang mengikuti kasus Wai Moe Naing dan mendesak agar semua tahanan diberikan perawatan kesehatan yang layak dan hak asasi manusia mereka dihormati.

Sebelumnya, Reuters berbicara dengan Wai Moe Naing melalui telepon saat dia berangkat untuk memimpin demonstrasi di pusat Kota Monywa, sekitar 700 kilometer di utara kota utama Yangon.

Monywa telah menjadi salah satu pusat utama kampanye pro demokrasi dengan aksi unjuk rasa besar berlangsung hari demi hari, disertai tindakan keras berulang kali oleh pasukan keamanan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X