Ingin Kalahkan Vietnam Soal Ekspor Lobster, KKP: Itu Benihnya dari Kita

- Kamis, 15 April 2021 | 15:10 WIB
Sekjen KKP Antam Novambar saat konferensi pers di Gedung KKP. (INDOZONE/Sarah Hutagaol).
Sekjen KKP Antam Novambar saat konferensi pers di Gedung KKP. (INDOZONE/Sarah Hutagaol).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah berusaha untuk mengalahkan Vietnam sebagai negara dengan pengekspor lobster siap konsumsi terbesar di dunia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Antam Novambar mengatakan hingga saat ini Vietnam menjadi pengekspor lobster dikarenakan budidaya yang dilakukan, namun benihnya diambil dari Indonesia.

"Kita mau Indonesia tak kalah dengan Vietnam yang bisa membudidayakan lobster. Kita kalah karena hampir 99 persen Vietnam sebagai pengekspor lobster terbesar itu benihnya dari kita,” ucap Antam dalam konferensi pers di kantor KKP Jakarta Pusat, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga: FOTO: Perayaan Hari Kemerdekaan Israel Ke-73

Padahal menurut Antam, benih atau bibit lobster yang dibudidaya oleh Vietnam untuk menjadi lobster siap konsumsi diambil dari Indonesia melalui penyelundupan.

Pasalnya, hingga saat ini, Antam menegaskan bahwa KKP masih akan terus melarang adanya ekspor benur lobster, dan memutuskan untuk meningkatkan budidaya lobster.

“Vietnam pinter ambil benih harga kecil lalu dijual besar dengan teknologi dengan harga mahal. Kita masih belajar,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi adanya penyelundupan benih lobster tersebut, Antam menyebutkan kalau pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, yakni seperti pihak kepolisian, Pemerintah daerah, dan bea cukai hingga Kejaksaan.

“Yang namanya ekspor bibit benur lobster enggak akan lagi ada. Solusinya satu, akan ada budidaya,” tandas Antam.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X