Perlu Belajar, Melihat dan Mendengar, Studi Banding Formula E ke Arab Saudi Dinilai Wajar

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:20 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menganggap wajar kepergian panitia penyelenggara Formula E ke Diriyah, Arab Saudi untuk melakukan studi banding terkait perhelatan balapan tersebut. 

Pasalnya, menurut politikus Partai Gerindra ini, studi banding yang dilakukan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) ke luar negeri karena membutuhkan bekal pembelajaran yang matang untuk menggelar acara bertaraf internasional. 

"Sederhana saja, ini kan kegiatan yang pertama di Jakarta dan Indonesia, dan juga kegiatan internasional," ucap Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Sabtu (29/1/2022). 

"Kita kan perlu belajar, perlu melihat, mendengar dan perlu pengalaman. Jadi saya kira sesuatu yang biasa saja kalau Jakpro merasa perlu sebagai penyelenggara data ke sana untuk melihat, belajar dan sebagainya," tambahnya. 

BACA JUGA: Jokowi Larang ke Luar Negeri, Anak Buah Anies Malah Pergi ke Arab Saudi

Maka dari itu, Riza pun tak mempermasalahkannya. Ia bahkan meyakini kalau pihak Jakpro akan terbuka apabila diminta untuk menjelaskan hasil apa yang didapat setelah studi banding selesai dilakukan. 

"Silakan teman-teman cek transparansi, keterbukaannya, apakah disana benar-benar studi, atau hura-hura silahkan kan terbuka," tandas Riza. 

Seperti diketahui sebelumnya, Anggota DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak mengkritik keberangkatan panitia penyelenggara Formula E ke Diriyah, Arab Saudi. Ia menilai hal itu sangat berlebihan karena menghambur-hamburkan anggaran.  

Pasalnya, menurut Gilbert, apabila kunjungan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) ke Diriyah sebagai studi banding untuk mempelajari perhelatan Formula E, hal itu bisa dilakukan dengan jarak jauh, yakni dengan berkoordinasi secara virtual.  

"Menghamburkan uang berangkat ke Arab Saudi, sementara data tersebut dapat diperoleh lewat surat-menyurat resmi secara elektronik sebagai sesama penyelenggara balapan," ucapnya, Jumat (28/1/2022). 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X