Menangkan Pemilu 2021, Justin Trudeau Kembali Jadi Perdana Menteri Kanada

- Selasa, 21 September 2021 | 13:49 WIB
Justin Trudeau menangkan pemilu 2021. (REUTERS/Christinne Muschi)
Justin Trudeau menangkan pemilu 2021. (REUTERS/Christinne Muschi)

Justin Trudeau memenangkan masa jabatan ketiga sebagai perdana menteri Kanada, dengan partai Liberal-nya meraih suara terbanyak dalam pemilihan.

Pemilu Kanada 2021 hanya mempertemukan dua kandidat sebagai perdana Menteri, yakni Justin Trudeau dari partai Liberal dan Erin O'Toole dari konservatif.

Hasil awal menunjukkan Partai Liberal-nya telah menang atau memimpin di 156 kursi, hanya kurang dari 170 yang dibutuhkan untuk mayoritas parlemen. Sementara Erin O'Toole memiliki 121 suara.

Pemimpin oposisi O'Toole menyebut pemilihan itu sebagai perebutan kekuasaan, setelah mengakui kekalahan pada Selasa pagi (21/9/2021).

Baca juga: Partai Liberal Memimpin, Justin Trudeau Kembali Jadi Perdana Menteri

Kampanye oposisi Konservatif gagal menyingkirkan partai Liberal yang telah berkuasa selama enam tahun. Terakhir kali partai Konservatif memenangkan pemilihan federal pada tahun 2011.

Partai Liberal memegang 155 kursi di parlemen, Konservatif memegang 119 kursi, Blok Quebec memegang 32 kursi dan NDP memegang 24 kursi. Partai Hijau hanya memiliki dua kursi dan ada lima anggota parlemen Independen.

Meskipun kurangnya mayoritas parlemen, perdana menteri kemungkinan akan mendapatkan dukungan kuat di parlemen untuk kebijakan partai Liberal.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X