Bakal Dipanggil Komnas HAM, Begini Kata Ketua KPK Firli Bahuri

- Kamis, 3 Juni 2021 | 18:57 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Ketua KPK Firli Bahuri (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri angkat bicara perihal pemanggilannya dirinya dan pimpinan lainnya oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). 

Pemanggilan Firli Cs terkait laporan 75 pegawai lembaga antirasuah tersebut yang dinonaktifkan karena merasa adanya pelanggaran HAM dalam pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK) sebagai aparatur sipil negara (ASN). 

Firli mengaku tak paham mengapa dia bersama pimpinan lembaga antirasuah lainnya dipanggil Komnas HAM.

“Jadi begini saya tidak paham apa yang akan ditanyakan oleh Komnas HAM,” kata Firli saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: Bantah Incar 24 Pegawai KPK yang Tak Lulus TWK, Ketua KPK: Apa Kepentingan Saya?

Namun demikian, Firli mengungkapkan jika pemanggilan oleh Komnas HAM ini sudah dibahas dengan pimpinan lainnya. 

“Tapi yang pasti tentu kita sudah bahas dengan rekan-rekan pimpinan KPK. Karena sesungguhnya KPK itu adalah kolektif kolegial," tutur Jendral Bintang Tiga ini.

Di sisi lain, Firli tak bisa memastikan apakah dirinya bersama dengan pimpinan KPK lainnya akan hadir dalam pemanggilan oleh Komnas HAM.

“Yang mengatakan begitu siapa? Saya belum ngomong itu loh,” imbuh dia.

Diketahui sebelumnya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan membentuk tim pemantauan dan penyelidikan terkait laporan wadah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menyusul kasus 75 pegawai lembaga antirasuah yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan.

"Kami berharap teman-teman wadah pegawai KPK, pimpinan KPK, dan pihak terkait untuk bisa kooperatif," kata Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Mohammad Choirul Anam di Jakarta, Senin (24/5/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X