AS Kirim Delegasi ke Wina untuk Lanjutkan Pembicaraan Nuklir Iran

- Kamis, 9 Desember 2021 | 10:22 WIB
Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price. (REUTERS/Kevin Lamarque)

Amerika Serikat (AS) akan mengirim delegasinya ke Wina akhir minggu ini, untuk bergabung kembali membahas pembicaraan nuklir Iran yang sempat ditangguhkan.

"Amerika akan kirim utusan khusus AS untuk Iran, Robert Malley dan delegasi antarlembaga yang akan bergabung dalam pembicaraan nuklir selama akhir pekan," kata jubir Departemen Luar Negeri AS, Ned Price kepada wartawan,  dikutip The Hill, Kamis (9/12/2021).

"Kami memiliki basis yang baik untuk beroperasi, dan tentu saja harapan kami, Iran akan bersedia dan mampu beroperasi dari pangkalan itu, untuk menguji proposisi apakah kami benar-benar dapat mencapai pengembalian timbal balik ke negara itu, sesuai dengan JCPOA," kata Price.

Price juga mengatakan bahwa melalui pembicaraan itu, mereka kemungkinan akan segera mengetahui apakah Iran kembali untuk bernegosiasi dengan itikad baik atau tidak.

Baca juga: Eropa Kecewa dengan Iran Selama Pembicaraan Nuklir di Wina

Namun sayangnya, Price tidak mengungkapkan berapa lama pembicaraan nuklir putaran terakhir itu akan berlangsung.

Pembicaraan nuklir Iran putaran ketujuh telah dimulai pada 29 November. Tapi, akhir minggu lalu pembicaraan kembali ditangguhkan lantaran negara-negara yang ikut bernegosiasi dalam pembicaraan itu pulang ke negara masing-masing untuk mencari solusi dari situasi yang terjadi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X