Kecelakaan Terus, DPRD DKI Desak 3 Direktur Transjakarta Dicopot

- Senin, 6 Desember 2021 | 17:28 WIB
Suasana rapat jajaran direksi Transjakarta dengan Komisi B DPRD DKI. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Suasana rapat jajaran direksi Transjakarta dengan Komisi B DPRD DKI. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak meminta tiga direktur PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dicopot. Hal itu dikarenakan seringnya armada tersebut mengalami kecelakaan.

"Tidak mungkin (kecelakaan) terjadi begitu saja tanpa ada miss management. Kalau sudah begini banyak kasus sampai ada nyawa melayang saya kira tidak mungkin dipertahankan direksinya," ucapnya, Senin (6/12/2021).

Tiga direksi Transjakarta yang dimaksud Gilbert adalah Direktur Pelayanan, Direktur Operasional, dan Direktur Teknis. Menurutnya, jajaran tersebut harus bertanggungjawab atas rentetan kecelakaan belakangan ini.

"Kami anjurkan mereka dicopot. Okelah Direktur Utama baru sebulan, mungkin dia bad luck saja. Tapi yang sudah bertahun-tahun di sana, mereka harus bertanggung jawab," terang Gilbert.

Lebih lanjut, Politisi PDI Perjuangan tersebut, pergantian jajaran direksi merupakan satu-satu upaya guna memperbaiki kinerja Transjakarta yang belakangan ini terus disorot karena kecelakaan.

"Kalau mau ada perubahan, ganti orangnya termasuk di DKI. Kalau orangnya itu-itu saja, tidak ada mekanisme perubahan, it's all about human," tandasnya.

BACA JUGA: 4 Bulan Terakhir, Dishub DKI Catat 248 Kecelakaan Bus Transjakarta

Sekadar diketahui, dalam kurun waktu 40 hari setidaknya ada lima kasus kecelakaan TransJakarta, yakni di Halte Cawang, Jakarta Timur yang menyebabkan dua orang tewas, yakni sopir dan penumpang bus TransJakarta.

Kemudian, ada juga insiden bus terbakar di Senen, Jakarta Pusat dan kecelakaan tunggal di Gandaria, Jakarta Selatan serta yang terbaru pada Kamis di depan Pusat Grosir Cililitan (PGC), terakhir kecelakaan tunggal di dekat Halte Bundaran Senayan Jakarta, pada Jumat kemarin.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X