The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jokowi Didesak Sanksi Anak Buahnya yang Izinkan TKA China Masuk RI di Tengah PPKM Darurat
TKA China masuk ke Indonesia. (photo/Screenshoot/Istimewa)
News

Jokowi Didesak Sanksi Anak Buahnya yang Izinkan TKA China Masuk RI di Tengah PPKM Darurat

Jumat, 09 Juli 2021 18:30 WIB 09 Juli 2021, 18:30 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu, sekitar 20 TKA asal China masuk ke Indonesia di tengah penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) Darurat. Mantan Waketum Gerindra, Arief Poyuono mengatakan, Jokowi harus menindak menteri yang sengaja mengizinkan para TKA China itu masuk Indonesia.

"Harus ada menteri yang bertanggung jawab yang memiliki hubungan masuknya TKA yang membawa penyebaran virus corona varian delta yang sangat masif saat ini," kata Poyuono kepada wartawan, Jumat (9/7/2021).

Poyuono menilai masuknya puluhan TKA China itu berpotensi membawa virus Corona khususnya varian baru. Ia pun mewanti-wanti para TKA yang datang dari China dan India.

Lebih lanjut, ia menduga ada oknum yang mempermudah proses kedatangan para TKA tersebut, misalnya seperti protokol kesehatan, karantina dan sebagainya. Menurutnya mudahnya para TKA masuk ke Indonesia lantaran dengan dalih investasi.

"Jika Presiden Jokowi tidak meminta pertanggung jawaban, menunjukkan kalau pemerintahannya tidak ada kontrol yang baik terhadap menteri-menteri yang kebijakannya menyebabkan masuknya covid yang sangat masif di Indonesia," tuturnya.

Lebih lanjut, ia enggan langsung menyebut nama-nama menteri yang harus diberikan sanksi oleh Jokowi. Namun, ia menyampaikan kriterianya.

"Seperti ada menteri yang selalu melakukan pembenaran dengan dalih investasi dan ketidakmampuan TKI untuk bekerja di sektor tambang. Para TKA masuk ke Indonesia saat pandemi tanpa prosedur prokes yang ketat," tuturnya. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Victor Median
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US