Profil Alex Konanykhin, Pengusaha yang Siap Hadiahi Rp14 Miliar bagi Penangkap Putin

- Jumat, 4 Maret 2022 | 15:50 WIB
Pengusaha Rusia Alex Konanykhin yang incar Vladimir Putin. (Instagram/@konanykhinalex)
Pengusaha Rusia Alex Konanykhin yang incar Vladimir Putin. (Instagram/@konanykhinalex)

Nama pengusaha asal Rusia Alex Konanykhin menjadi perbincangan belakangan ini. Bagaimana tidak, Konanykhin secara terang-terangan melakukan sayembara dengan iming-iming hadiah sebesar Rp 14 miliar bagi siapa saja yang mampu menangkap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Nama Konanykhin tentu sangat asing bagi masyarakat Indonesia, mengingat memang dirinya sangat jarang muncul diberbagai media. Konanykhin sendiri lahir pada 25 September 1966 di Ostashkov, Rusia.

Pada usia muda, Konanykhin sempat mengenyam pendidikan Departemen Penelitian Luar Angkasa di Institut Fisika dan Teknologi Moskow (MlPT) demi mengejar karir di bidang teknik. Namun Konanykhin dikeluarkan oleh MlPT lantaran menjalani bisnis kecil selama liburan musim panas.

Baca Juga: Buntut Invasi ke Ukraina, Harley Davidson Setop Pengiriman Motor ke Rusia

Meski dikeluarkan dari MlPT, Konanykhin memutuskan untuk fokus menjalani karir bisnisnya. Memanfaatkan pelonggaran iklim bisnis di rezim Mikhail Gorbachev, Konanykhin pun sempat menjadi seorang kepala perusahaan kontruksi.

Konanykhi pun mengawali karirnya dengan mendirikan sebuah bank swasta di Rusia tepatnya pada akhir rezim komunis di negara tersebut. Setelah sukses membangun sebuah bank, Konanykhin beserta istrinya memutuskan pindah ke Amerika Serikat (AS) pada 1992.

Pemerintah AS pun sempat memberikan dirinya politik, namun dibatalkan pada 2004. Beruntung tiga tahun berselang, status suaka Konanykhin kembali diaktifkan oleh pemerintah Negeri Paman Sam.

Konanykhin sendiri memang menghabiskan sebagian besar karir bisnisnya di AS. Sejumlah perusahaan pun berhasil didirikan Konanykhin selama menjalani karir bisnis di AS seperti KMGI Group dan TransparentBusiness.

TransparentBusiness sendiri merupakan perusahaan digital yang memungkinkan pemberi kerja untuk dapat memantau aktivitas pekerjanya di depan komputer. Pada 2018, Konanykhin mulai berkerja sebagai legislator negara bagian Rhode Island.

Selain itu, Konanykhin juga berkerja dengan Majelis Negara Bagian New Jersey pada rancangan undang-undang NJ A3989 serta memberikan usulan memverifikasi penagihan pada 2019.

Seperti disadur dari Show Biz Corner, Jumat (4/3/2022), kekayaan bersih Konanykhin sendiri mencapai 300 juta USD atau sekira Rp4,2 triliun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X