Jika Harga Pertalite dan Gas 3 Kg Naik, Masyarakat Dinilai Bisa Kolaps

- Minggu, 10 April 2022 | 13:00 WIB
Warga antre gas 3 kg di Riau. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)
Warga antre gas 3 kg di Riau. (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Wakil Ketua Fraksi PKS di DPR RI Mulyanto menilai kenaikan harga Pertalite dan LPG 3 kilogram (kg) bisa membuat masyarakat kolaps. Pasalnya kenaikan dua komoditas tersebut akan diikuti kenaikan bahan dasar pokok.

"Karena itu kami minta pemerintah dalam hal ini Menko Marves dan Menko Perekonomian menghentikan wacana kenaikan harga Pertalite dan LPG 3 kilogram ini. Kenaikan harga kedua komoditas energi ini akan membuat masyarakat kolaps," ungkap Mulyanto kepada wartawan, Minggu (10/4/2022).

Anggota Komisi VII DPR RI ini menambahkan saat ini beban hidup masyarakat sudah sangat berat. Pandemi Covid-19 belum berakhir, ekonomi belum pulih dan daya beli masih lemah. Ditambah lagi harga-harga barang kebutuhan pokok, seperti minyak goreng, gula, daging sapi, kedelai sudah merambat naik.

Di sisi lain kata dia, penghasilan masyarakat tidak meningkat, lantaran perusahaan tidak ada yang berani menaikkan gaji dan tunjangan karyawan dan menyebabkan celah besar antara penghasilan dan pengeluaran masyarakat.

Baca juga: Fans Kecewa Mr. Knight Tidak Ditampilkan Sebagai Detektif Jenius di Serial 'Moon Knight'

"Kenaikan harga Pertalite dan LPG 3 kilogram, yang diperkirakan diikuti dengan kenaikan harga transportasi dan barang-barang lainnya, akan memicu inflasi yang semakin tinggi. Ini tentu akan semakin menggerus daya beli masyarakat," jelas Mulyanto.

Sebelumnya Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan sinyal kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite hingga gas LPG 3 kg.

"Overall (secara keseluruhan) akan terjadi (kenaikan) nanti Pertamax, Pertalite, kalau Premium belum. Juga gas yang 3 kg (akan naik). Jadi bertahap, 1 April, nanti Juli, bulan September, itu nanti bertahap akan dilakukan oleh pemerintah," kata Menko Luhut Pandjaitan ditemui usai meninjau Depo LRT Jabodebek di Jatimulya, Bekasi Timur, Jumat (01/04/2022), seperti dikutip dari Antara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X