Datang ke UI, Luhut Binsar Pandjaitan Didemo Mahasiswa

- Selasa, 12 April 2022 | 14:56 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berpidato saat kunjungan kerja di Banyuwangi. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berpidato saat kunjungan kerja di Banyuwangi. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Merves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro. Kedatangan Luhut ini pun mendapatkan aksi demonstrasi dari mahasiswa UI.

Menurut Luhut kedatangannya ke UI ini guna memenuhi undangan sekaligus memberikan memberikan kuliah umum di Balai Sidang UI, Depok.

"Dalam kesempatan kuliah umum tersebut, saya banyak menyampaikan mengenai beberapa hal terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang telah menunjukkan tren baik, karena pemerintah menggunakan basis IPTEK dan data sebagai dasar pembuatan kebijakan," kata Luhut sebagaimana dilihat dalam akun instagramnya, Selasa (12/4/2022).

Dalam forum itu dia turut menjelaskan bahwa sangat memperhatikan perekonomian negara yang mampu pulih dengan sangat cepat.

 Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang tembus di atas 5% pada Q4, tingkat kepercayaan konsumen yang terus naik, serta turunnya tingkat kemiskinan dan pengangguran. Apalagi jelang perhelatan Presidensi G-20 di Indonesia, tentunya Indonesia harus memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi dunia.

"Karenanya, Indonesia harus terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi termasuk di dalamnya pengembangan SDM dan R&D untuk mendorong inovasi. Saya berharap UI sebagai salah satu pionir kampus di tanah air bisa mengambil peran penting ini. Meski di masa pandemi, inovasi dan riset dari universitas-universitas di Indonesia juga harus terus berjalan," tuturnya.

Baca Juga: Luhut Gelar Pesta Perpisahan ART, Sudjiwo Tejo: Ini Mengharukan, Jenderal

Temui Mahasiswa yang Mendemo

Setelah menemui rektor dan memberikan kuliah umum, Luhut kemudian menemui mahasiswa UI yang melakukan aksi menyampaikan aspirasi kepadanya.

"Ketika akan pulang, ternyata saya sudah ditunggu oleh beberapa adik-adik mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasi mereka. Saya lalu memutuskan untuk menemui dan mendengarkan secara langsung apa yang jadi “concern” mereka," beber Luhut.

Luhit menganggap apabila aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa UI tersebut adalah sebuah aspirasi dalam proses berdemokrasi. Seperti halnya yang dilakukan BEM SI saat aksi di DPR kemarih.

"Saya anggap semua aspirasi tersebut adalah bagian dari proses kita berdemokrasi, seperti halnya unjuk rasa yang berlangsung di depan Gedung Parlemen, kemarin," urai Luhut.

"Saya hanya ingin berpesan, bahwa kita semua harus semakin terbiasa dengan perbedaan pendapat, dan kita harus mau untuk saling mendengarkan, tanpa perlu ribut-ribut apalagi sampai melakukan kekerasan," tambahnya.

Lebih lanjut Luhut mengatakan kepada mahasiswa jika nantinya mereka yang akan memimpin bangsa ini harus memahami adanya perbedaan di tengah-tengah masyarakat.

"Sebagai orang tua, besar harapan saya bahwa kelak mereka yang memimpin bangsa ini bisa menyadari bahwa apa pun perbedaan pendapat yang hadir di tengah-tengah masyarakat, harus kita sikapi dengan arif dan bijaksana," tutupnya.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X