Belum Terima Surpres Mengenai Pergantian Panglima TNI, Ini Kata Sufmi Dasco

- Senin, 6 September 2021 | 12:02 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (INDOZONE/Harits Tryan Akhmad)

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan sampai dengan Jumat lalu (3/9/2021), pihaknya belum menerima surat presiden (surpres) dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan calon Panglima TNI. Diketahui Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun pada November 2021 mendatang.

"Sampai dengan saat ini, sampai dengan hari Jumat itu (3 September) surpresnya belum sampai ke DPR," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/9/2021).

Menurut Dasco jika DPR sudah surpres dari Presiden Jokowi ihwal calon Panglima, pastinya akan dibahas di Bamus. Kemudian, akan dibawa ke rapat paripurna DPR untuk menugaskan Komisi I DPR melakukan fit and proper test.

"Ya setelah datang kemudian dibahas Di Bamus lalu kemudian di Paripurna kan untuk ditugaskan di komisi trkait dalam hal ini komisi I. Lalu kemudian  diadakan fit and proper. Lalu kemudian balik lagi disampaikan kepada presiden. Menurut saya itu enggak terlalu lama," jelas Dasco.

Di sisi lain Dasco menekankan DPR tak bisa memberikan desakan apapun kepada Presiden Jokowi perihal pemilihan calon Panglima TNI ini. Sebab pemilihan Panglima ini adalah hak prerogatif dari Presiden Jokowi.

Baca Juga: Sepekan Tilang Gage di Rasuna Said, Polisi Klaim Angka Pelanggar Menurun

"Ya kan ko menurut kami tergantung kepada Presiden melihat urgensinya. Kalo Presiden memandang perlu cepat, ya kan pasti akan segera dikirim. Di DPR itu kan enggak lama," tutur dia.

Sebelumnya diketahui Bursa Panglima TNI kembali menghangat usai Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun di bulan November 2021. Nama KSAD Jendral Andika Perkasa disebut akan menjadi calon kuat sebagai Panglima TNI menggantikan Hadi.

Anggota Komis I DPR RI Effendi Simbolon mengatakan, bahwa dalam kemungkinan pengganti Hadi menjadi Panglima TNI adalah Jendral Andika Perkasa.

Kemudian, lanjut Politikus PDIP, nantinya KSAD yang ditinggal oleh Andika Perkas bakal ditempati oleh Letjen Dudung Abdurrahman. Menurut dia dalam waktu dekat akan terjadi.

“Insyallah, semua akan terjadi dalam waktu dekat. Jendral Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jendral Andika Perkasas menjadi Panglima TNI,” ujar Effendi kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X