Mulai Pakai AstraZeneca, Pemprov DKI Terima 500 Ribu Dosis Vaksin

- Kamis, 6 Mei 2021 | 09:35 WIB
Ilustrasi Vaksin AstraZeneca. (REUTERS/Leonhard Foeger).
Ilustrasi Vaksin AstraZeneca. (REUTERS/Leonhard Foeger).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan mulai menggunakan vaksin Covid-19 AstraZeneca bagi warga Ibukota yang baru akan divaksin atau mendapatkan dosis pertama pada vaksinasi.

Proses vaksinasi menggunakan AstraZeneca pun telah dimulai pada Rabu kemarin, 5 Mei dengan menyasar masyarakat pedagang pasar, karyawan dan UMKM.

Menurut Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti, Pemprov DKI akan menerima sebanyak 1,5 juta dosis vaksin Astra Zeneca dari Kementerian Kesehatan. Namun hingga kini, baru sebanyak 500.000 dosis vaksin itu telah diterima.

"Kemenkes merencanakan memberikan 1,5 juta AstraZeneca, dan pada Senin kemarin kami menerima 500 ribu dosis AstraZeneca," ucap Widyastuti, dalam diskusi daring yang dikutip Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: POPULER: Dokter Anjurkan Tak Minum Paracetamol hingga Pemudik Nangis Diminta Putar Balik

Widyastuti menjelaskan, nantinya vaksin AstraZeneca ini nantinya bakal diberikan kepada warga berusia di atas 18 sebanyak dua dosis (0,5 ml) dengan interval waktu 12 minggu.

“Mulai 5 Mei, seluruh pelayanan vaksinasi Covid-19 yang dibiayai pemerintah di fasilitas kesehatan di DKI Jakarta, seperti Puskesmas, RS, Klinik, Sentra Vaksin," paparnya.

"Serta di luar gedung Puskesmas menggunakan vaksin Astra Zeneca untuk pemberian dosis pertama. Vaksin Astra Zeneca ini diberikan sebanyak 2 dosis dengan interval 12 minggu,” tandas Widyastuti.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X