Bangkitkan Kreativitas Mahasiswa di Bidang Broadcasting, KPI UIN SU Gelar Seminar Nasional

- Kamis, 30 Desember 2021 | 00:30 WIB
Kegiatan Seminar Nasional KPI UIN Sumut di Pusbinsa, Medan, Sumut. (Photo/Dok. Panitia)
Kegiatan Seminar Nasional KPI UIN Sumut di Pusbinsa, Medan, Sumut. (Photo/Dok. Panitia)

Mahasiswa menjadi salah satu agen ekslusif yang harus memberikan manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, salah satu ilmu yang seharusnya dimiliki adalah ilmu komunikasi yang termasuk dalam bidang Broadcasting.

Dalam menggapai harapan itu, prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UIN Sumut menyelenggarakan Seminar Nasional. Kegiatan yang dilaksanakan secara langsung itu mengadopsi tema "Membangun Kreativitas Mahasiswa/i dalam Dunia Broadcasting".

Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 28 Desember 2021 yang bertepat di Gedung Pusat Pengembangan Bahasa (Pusbinsa) UIN Sumut. Tak kalah meriah, seminar ini mengundang dua pemateri yang cukup keren.

 

-
M. Rio Fani (kiri) Rahma Mandasari (Kanan). (Photo/Dok. Panitia)

 

Pemateri pertama ialah Rahma Mandasari S.S, M.Hum yang merupakan salah satu dosen di KPI UIN Sumut. Dalam seminar ini, wanita yang akrab disapa Umi Manda itu membawakan materi tentang Jurnalisme Empati.

Dalam paparannya, Manda mengatakan kalau Jurnalisme Empati harus dipegang teguh oleh masyarakat, khususnya mahasiswa UIN Sumut. Hal ini karena nilai-nilai kemanusiaan yang hadir di kehidupan media sosial membuat banyak pengguna menjadi kehilangan empati.

"Jurnalisme Empati adalah pendekatan sekaligus metode yang digagas oleh LP3Y pada awal 1990-an. Dipopulerkan pertama kali oleh Ashadi Siregar untuk menanggapi AIDS yang mulai jadi persoalan serius saat itu," kata Manda dalam materinya.

Selain itu, Manda juga menerangkan kalau Jurnalisme Empati merupakan daya sifat yang harus dimilik seorang jurnalis untuk berpihak kepada korban dan penyintas. Menurutnya, empati merupakan kunci menuju pemahaman yang lebih mendalam.

Baca juga: Kisah Haru Seorang Ayah yang Beri Hadiah Natal ke Putranya dengan Membuat Lengan 3D

Di samping itu, pemateri kedua dalam seminar nasional yaitu M. Rio Fani yang merupakan mahasiswa UIN Sumut semester 7. Pria yang akrap disapa Omyo itu membawakan materi terkait "Gagasan Dasar dan Ide Menulis".

 

-
M. Rio Fani menyampaikan materi tentang kepenulisan. (Photo/Dok. Panitia)

 

Dalam paparannya, kunci segala hal di setiap bidang menyangkut tentang kepenulisan. Mulai dari membuat naskah film, cerpen, copywriter hingga lainnya. Bahkan, ia menilai seorang penyiar radio sekalipun harus mengambil dasar nilai kepenulisan dalam pekerjaannya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X