The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Konvoi Perdana Menteri Malaysia Lewat, Ambulans  Ini Terpaksa Dihentikan
Potret ambulans yang diminta berhenti saat konvoi PM Malaysia lewat. (Twitter/syzwnrose)
News

Konvoi Perdana Menteri Malaysia Lewat, Ambulans Ini Terpaksa Dihentikan

Selasa, 28 Desember 2021 10:36 WIB 28 Desember 2021, 10:36 WIB

INDOZONE.ID - Viral di media sosial video rombongan Perdana Menteri (PM) Malaysia berhentikan ambulans dengan sirine yang berbunyi untuk terlebih dulu memberi jalan bagi kendaraan VIP.

Dalam video yang diunggah di akun Twitter syzwnrose, memperlihatkan sebuah mobil offroad yang mendampingi ambulans milik Masyarakat Bulan Sabit Merah, diberhentikan oleh seorang petugas lalu lintas.

Dikutip dari The Rakyat Post, Selasa (28/12/2021), kejadian itu terjadi saat PM Malaysia sedang diperjalanan menuju Hulu Langat untuk melihat operasi pembersihan usai banjir yang melanda Selangor.

Kepala Departemen Investigasi dan Penegakan Lalu Lintas (JSPT) Selangor, Supt. Azman Syari'at menyebut hal itu dilakukan demi terhindar dari kecelakaan dengan kendaraan lainnya lantaran jarak antara rombongan konvoi yang paling depan  cukup dekat dengan persimpangan tempat ambulans akan melintas.

Azman menyebut langkah tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Lalu Lintas Nomor 9 LN 166/1959 Undang-Undang Angkutan Jalan 1987.

"Dalam situasi yang terlihat dalam video, jika anggota lalu lintas di persimpangan mengutamakan kendaraan 4x4 dan ambulans milik Masyarakat Bulan Sabit Merah yang ingin keluar dari persimpangan ke jalan utama, itu adalah tindakan yang akan menimbulkan risiko kecelakaan dan membahayakan pengguna jalan," ujar Azman.

"Oleh karena itu, konvoi di jalan utama diberikan jalur prioritas untuk menghindari kecelakaan selain dengan mempertimbangkan penilaian awal yang telah dilakukan oleh petugas lalu lintas," sambungnya.

Azman pun mengatakan sesudah rombongan PM Malaysia lewat, petugas lalu lintas langsung mengutamakan ambulans itu untuk lewat.

"Dan anggota yang bertugas di persimpangan telah melakukan penilaian awal sebelum menghentikan kedua kendaraan (darurat) untuk waktu yang singkat," katanya.

"Prioritas JSPT dalam melaksanakan tugas lalu lintas selalu mengutamakan kendaraan darurat, terutama untuk ambulans dan pemadam kebakaran," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Silvia Marissa
Zega

Zega

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US