Gegara Viral Dokumen Susi Jadi Bungkus Gorengan, Kemendagri Diminta Berbenah Diri

- Selasa, 28 Desember 2021 | 13:49 WIB
Kiri: Dokumen diduga milik Susi Pudjiastuti jadi bungkus gorengan (Twitter @howtodresvvell), Kanan: Susi Pudjiastuti (Instagram/@susipudjiastuti115)
Kiri: Dokumen diduga milik Susi Pudjiastuti jadi bungkus gorengan (Twitter @howtodresvvell), Kanan: Susi Pudjiastuti (Instagram/@susipudjiastuti115)

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera meminta pemerintah untuk dapat segera melakukan peralihan dokumen dari bentuk fisik ke digital. Hal ini disampaikannya menyusul viralnya dokumen pribadi milik mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti yang dijadikan bungkus gorengan.

Menurut Mardani jika pemerintah tidak segera mengambil langkah untuk memindah dokumen ke digital maka kejadian seperti yang dialami oleh Susi akan terus terjadi. Apalagi tempat, prosedur dan penanggung jawab dokumen fisik belum dikatakan seimbang.

"Akan terjadi yang seperti ini jika kita tidak segera pindah ke dokumen digital. Banyak sekali dokumen yang dihasilkan.  Sementara tempat, prosedur dan penanggung jawab dokumen fisik ini tidak seimbang," kata Mardani saat dihubungi Indozone, Selasa (28/12/2021).

Disisi lain, Mardani Ali Sera juga mendesak kejadian yang menimpa Susi Pudjiastuti lantaran dokumen pribadinya beredar haruslah diselidiki dengan seksama. Sehingga tak hanya untuk sekedar mengetahui kronologis dan pihak mana yang harus bertanggung jawab.

"Jika hanya menyelesaikan masalah ini tanpa menyentuh akarnya maka akan selalu muncul kasus sejenis," harap Mardani.

BACA JUGA: Disebut Keliru, Susi Membalasnya Lewat Postingan di Medsos: Keliru Apanya bok? 

Berkaca dari peristiwa ini, Mardani meminta kepada semua pihak khususnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dapat berbenah diri. Sehingga kedepannya dokumen pribadi milik seseorang tak lagi berceceran.

"Ini saatnya semua pihak, khususnya kemendagri, berbenah diri," tandasnya.

Diketahui sebelumnya Dokumen berharga yang dijadikan kertas untuk membungkus gorengan sudah bukan hal baru lagi. Dokumen berharga jadi bungkus gorengan yang pernah viral seperti Kartu Keluarga, soal UN, hingga CV kerja.

Tak hanya dokumen milik warga biasa, dokumen milik mantan menteri Susi Pudjiastuti juga diduga pernah jadi bungkus gorengan. Dalam unggahan akun Twitter howtodresvvell, tampak foto seorang wanita yang diduga merupakan Susi Pudjiastuti.

Dokumen itu ditengarai merupakan salah satu dokumen berharga di tahun 2014 silam. Tampak tanda tangan dari Camat Pangandaran kala itu, yaitu H. Suryanto.

"Dengan ini menerangkan bahwa orang tersebut sedang mengajukan permohonan pembuatan KTP di Kantor Kecamatan Pangandaran," demikian penggalan dalam surat tersebut, dikutip Sabtu (25/12/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X