Gubernur Ridwan Kamil Bangun Klinik Kesehatan Wujudkan Wasiat Mantan Istri Kedua Soekarno

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 10:01 WIB
Ridwan Kamil foto bersama di depan bangunan yang akan dijadikan Klinik Inggit Garnasih (Instagram/ridwankamil)
Ridwan Kamil foto bersama di depan bangunan yang akan dijadikan Klinik Inggit Garnasih (Instagram/ridwankamil)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan membangun klinik kesehatan Geriatri Inggit Garnasih, nama klinik yang diambil dari nama mantan istri kedua Presiden Soekarno, Inggit Garnasih.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan klinik kesehatan itu dibangun sebagai upaya mewujudkan wasiat Inggit Garnasih semasa hidupnya. Nantinya, klinik tersebut dapat dimanfaatkan untuk kesehatan para lanjut usia (lansia).

"Membangun klinik kesehatan adalah wasiat dari Ibu Inggit. InsyaAllah awal 2022, bangunan klinik Inggit Garnasih di Jalan Flores, Bandung di atas lahan bersejarah ini akan bisa dimanfaatkan untuk kesehatan para lansia se-Jawa Barat," tulis Emil melalui akun Twitter @ridwankamil dikutip Indozone, Sabtu (28/8/2021).

Emil mengatakan nantinya klinik tersebut akan dikelola oleh Badan Zakat Nasional Jawa Barat.

"Dibangun dan dikelola oleh Baznas Jabar," kata dia.

Emil menyebut pembangunan klinik tersebut juga merupakan komitmen Provinsi Jawa Barat terhadap keluarga Inggit Garnasih.

Sebab sebelumnya, sempat ramai pemberitaan yang menyebutkan bahwa surat nikah dan akta cerai Soekarno-Inggit Garnasih akan dijual dengan harga Rp25 miliar.

Namun Emil memastikan bahwa surat nikah serta akta cerai tersebut tidak jadi dijual dan akan diserahkan kepada negara untuk disimpan di Kantor Arsip Nasional.

"Klinik Geriatri Inggit Garnasih akan segera dibangun sbg komitmen Pemprov Jabar kpd keluarganya. Sehingga sesuai kesepakatan, maka dok. bersejarah berupa surat nikah/pisah Ibu Inggit dgn Bung Karno tidak jd dijual & akan diserahkan kpd Negara, disimpan di Kantor Arsip Nasional," tulis Emil.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X