Sudah 7 Kali ke Luar Negeri, Ngapain aja Pak Menhan?
Menhan Prabowo terhitung sudah 7 kali ke luar negeri dalam kurun waktu selama 3 bulan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
News

Sudah 7 Kali ke Luar Negeri, Ngapain aja Pak Menhan?

Kamis, 16 Januari 2020 19:30 WIB 16 Januari 2020, 19:30 WIB

INDOZONE.ID - Tiga bulan menjabat Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto sudah lakukan lawatan ke luar negeri sebanyak tujuh kali. Penasaran apa yang dilakukannya dalam setiap lawatan? Berikut penjelasannya.

Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan lawatan Menteri Pertahanan, Prabowo ke beberapa negara merupakan bentuk diplomasi pertahanan dalam rangka memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Sejak awal beliau menyatakan bahwasanya dua bulan sampai enam bulan pertama beliau akan fokus pada modernisasi alutsista. Salah satu tugas yang diemban Prabowo juga diplomasi pertahanan," ucapnya, Kamis (16/1/2020) di Gedung Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Dahnil menjelaskan, bentuk diplomasi pertahanan yang dilakukan dengan membahas tentang kerja sama industri pertahanan.

"Kerja sama pertahanan itu banyak hal. Industri pertahanan itu apa? Salah satunya pembelian senjata, termasuk kerja sama pertukaran taruna," ungkapnya.

Dalam lawatan negara, sambungnya, Prabowo berbicara penguatan keamanan regional ketika berkunjung ke negara Asia dan ASEAN. Di sisi lain, Prabowo berbicara tentang pembelian senjata ketika berkunjung ke negara Eropa.

"Kalau misalnya Pak Prabowo melakukan kunjungan ke negara ASEAN, seperti Malaysia, Bangkok, itu berbicara tentang pertahanan. Tidak banyak berbicara senjata. Namun, kalau Pak Prabowo mengunjungi Turki, sekarang Eropa, itu sudah mulai berbicara persenjataan dan alutsista," tegasnya.

Berikut kegiatan Prabowo dalam kunjungannya di beberapa negara tiga bulan belakangan ini:

  1. Prabowo ke luar negeri dimulai saat melawat ke negara tetangga, Malaysia pada Kamis (14/11/2019) lalu. Ia bertemu Menhan Malaysia Mat Sabu. Sejumlah kerja sama pertahanan dibahas kedua Menhan, salah satunya soal rencana pengiriman personel TNI ke Malaysia.
  2. Usai dari Malaysia, tepatnya pada Minggu (17/11/2019), Prabowo bertolak ke Bangkok menghadiri ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM). Pertemuan itu merupakan bagian KTT ASEAN yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo. Prabowo turut menggelar pertemuan bilateral dengan beberapa Menhan ASEAN maupun negara di luar ASEAN, termasuk dengan Menhan AS Mark Esper.
  3. Lawatan Prabowo dilanjutkan pada Senin hingga Rabu (27-29/11/2019) ke Turki, Prabowo membahas kerja sama pertahanan dengan sejumlah tokoh penting, seperti Presiden Reccep Tayyip Erdogan, dan Menhan Hulsi Akar. Dia juga melakukan kunjungan lapangan ke Armada Utama Angkatan Laut Turki di Gölcük, Kocaeli. Dia meninjau langsung kapal perang kelas Corvet terbaru produksi Turki, TCG Kinaliada.
  4. Pada Minggu (15/12/2019), Prabowo terbang ke Beijing dalam misi penguatan kerja sama pertahanan RI-China.
  5. Setelah itu, Prabowo menuju Jepang pada (20/12/2019), menemui Menhan Jepang membahas kerja sama pertahanan kedua negara.
  6. Di penghujung 2019, Prabowo terbang ke Manila, Filipina. Pertemuannya dengan Menhan Filipina ditujukan untuk membahas upaya peningkatan kerja sama keamanan, khusus di perairan Sulu. Pertemuan tersebut dilangsungkan di Pangkalan Udara Villamor, Manila. Prabowo secara khusus mengucapkan terima kasih atas pembebasan dua warga negara Indonesia yang disandera Abu Sayyaf.
  7. Awal Tahun 2020. Dia bertolak ke Paris, Prancis untuk mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly. Kunjungan Prabowo ke Prancis merupakan pertemuan pertama tingkat tinggi yang mengawali rangkaian kegiatan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Mula Akmal

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU