The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Venue Olahraga untuk PON XX Papua Dipastikan Selesai Tepat Waktu
Venue olahraga untuk Pon XX di Provinsi Papua. (Humas Kementerian PUPR)
News

Venue Olahraga untuk PON XX Papua Dipastikan Selesai Tepat Waktu

Harus selesai, agar Papua setara.

Senin, 20 Januari 2020 11:34 WIB 20 Januari 2020, 11:34 WIB

INDOZONE.ID - Direktorat Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR optimistis, penyelesaian sejumlah venue olahraga untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akan dapat diselesaikan tepat waktu.

Dirjen Cipta Karya Kementeriam PUPR Danis H Sumadilaga melaporkan, pembangunan arena aquatic yang telah dimulai sejak Desember tahun 2018 hingga 15 Januari 2020, progres fisiknya sudah mencapai 77,9%, lebih cepat dari rencana semula sebesar 59,3%.

Target penyelesaian pada Juli tahun 2020 diharapkan dapat dipenuhi. Saat ini dilakukan pekerjaan erection catwalk, finishing kolom, atap space frame, bangunan kolam tanding, dan kolam diving.

"Ya betul, kami sangat optimis berdasarkan kinerja yang ada, insyaAllah akan selesai pada waktunya sesuai penjelasan diatas," ujar Danis kepada Indozone, Senin (20/1/2020). 

venue olahraga PON XX di provinsi Papua
(Humas Kementerian PUPR)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, meski penyelesaian pembangunan venue olahraga ditargetkan tepat waktu dan dipercepat, tetapi dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan aspek keselamatan yang melibatkan pengawasan dari Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2). 

“Pembangunan prasarana dan sarana untuk PON XX 2020 di Papua harus sangat cermat mulai dari tahap desain, tahap pembangunan hingga tahap pengawasannya," kata Basuki. 

Sementara itu, progres pekerjaan penataan kawasan Kampung Harapan saat ini masih dalam proses penentuan pemenang lelang. Sedangkan untuk kontraktor penyedia jasa konsultasi atau Konsultan Manajemen Konstruksi (MK) sudah terkontrak PT Virama Karya (Persero) per 23 Desember 2019 dengan anggaran sebesar Rp3,81 miliar. 

Selain venue aquatic dan istora Papua Bangkit, Kawasan Olahraga Kampung Harapan seluas 32 hektar juga dibangun sejumlah fasilitas pendukung seperti, wisma atlet, kawasan komersial (mal), velodrome, BMX Track, lapangan latihan/pemanasan, zona aman stadion, dan area parkir.

Di kompleks ini juga tengah dibangun Stadion Utama Papua Bangkit yang dilengkapi papan skor, peralatan sistem waktu, dan lampu LED standar FIFA, dengan kekuatan 1.800 Lux.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Alwan
Yulia Marianti
Sigit Nugroho
Alwan

Alwan

Editor
Sigit Nugroho

Sigit Nugroho

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US