The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Akhir Tahun, Sumatera Bakal Miliki 501 Kilometer Jalan Tol
Jalan Tol Trans Sumatera. (PUPR).
News

Akhir Tahun, Sumatera Bakal Miliki 501 Kilometer Jalan Tol

Semakin terhubung semakin baik.

Selasa, 19 November 2019 11:13 WIB 19 November 2019, 11:13 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah terus membangun infrastruktur jalan terutama jalan tol, demi saling terhubungnya antar daerah dan membentuk kawasan ekonomi baru di Pulau Sumatera.

Paling tidak, ditargetkan Sumatera memiliki jalan tol sepanjang 2.974 kilometer dari Lampung hingga Aceh, yang dijanjikan selesai pada tahun 2024.

Hingga November 2019, Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi sepanjang sepanjang 467,6 km. Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni – Terbanggi Besar 141 km, Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km, Palembang – Indralaya 22 km, Medan – Binjai 10,46 km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62,2 km dan Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 km.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, setelah Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung , ruas tol Trans Sumatera yang selanjutnya akan beroperasi pada Desember 2019 adalah Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, progres ruas jalan tol tersebut sudah mencapai sekitar 97 persen.  

"Dengan tambahan ruas tersebut, maka total panjang Trans Sumatera hingga akhir 2019 mencapai 501,16 km," ujarnya dalam keteranganya, Selasa (19/11).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengemukakan, pembangunan infrastruktur yang masif di lima tahun kemarin, tetap dilanjutkan tetapi dengan prioritas yang sedikit berbeda. 

"Infrastruktur ini mulai dihubungkan. Misalnya, jalan tol yang telah diselesaikan harus dihubungkan dengan sentra-sentra produksi dan industri yang ada di sekitarnya,” cuit Presiden Jokowi melalui akun Twitter-nya beberapa waktu lalu.
 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
Alwan Ridha R
alwan

Alwan

Writer
Alwan Ridha R

Alwan Ridha R

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US