Menkominfo Serahkan Naskah Akademik RUU PDP

- Selasa, 4 Februari 2020 | 21:33 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat diwawancara sebelum bertemu pimpinan DPR RI, Selasa (4/2/2020). (ANTARA/Natisha Andarningtyas)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat diwawancara sebelum bertemu pimpinan DPR RI, Selasa (4/2/2020). (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyerahkan naskah akademik Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP), kepada pimpinan DPR RI yang langsung diterima oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Menurutnya, ini merupakan upaya untuk menghalau adanya hoaks atau disinformasi. Dia mengatakan, lebih baik menunggu dan mengacu pada proses politik yang ada di DPR RI, karena telah disepakati bahwa pembahasan RUU PDP tersebut akan dilakukan dengan mekanisme rapat terbuka.

"Ini Menkominfo kebetulan saya ya. Jangan sampai semuanya didahului oleh hoaks dan disinformasi. Ini karena pembahasannya pasti terbuka dan transparan, rapat-rapat dengar pendapat akan kita lakukan, naskah akademiknya juga sudah disiapkan dan sudah disampaikan, sehingga tidak ada informasi bias yang justru merugikan kita," ucapnya di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa, (4/2/2020).

Johnny mengatakan, RUU PDP memiliki urgensi dalam pembahasannya, karena data memiliki nilai berharga yang sangat luar biasa. Pemerintah dan DPR RI, sambungnya, tidak ingin melakukan kesalahan dalam mengelola regulasi primer yang mengatur soal data tersebut.

"Karena itu, kami berjanji tidak akan menutup diri dan siap menerima masukan dan menjawab kritik apabila memang dibutuhkan," ungkapnya.

Naskah RUU PDP terdiri dari 15 bab dan 72 pasal. Isi RUU tersebut sangat spesifik yaitu menyangkut hak-hak yang bersifat sangat personal.

"Karena itu, harus dibicarakan secara menyeluruh, secara luas, dan mengajak partisipasi publik yang luas dalam satu proses politik di DPR ini yang akuntabel dan bijaksana (prudent)," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X