UU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Bakal Tarik Investor

- Kamis, 23 Januari 2020 | 09:49 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kanan) dan pengusaha. (Kemenperin).
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (kanan) dan pengusaha. (Kemenperin).

Investor diyakini bakal tertarik menanamkan dananya dan mengincar Indonesia sebagai negara tujuan utama investasi karena melihat adanya perubahan dan pembaruan kebijakan yang dapat memudahkan dalam menjalankan usaha.

Ketertarikan investor tersebut, seiring rencana pemerintah segera membahas penerbitan UU Omnibus Law. Paling tidak, ada sekitar 11 klaster yang dibahas dalam RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

"Ada klaster-klaster yang membuat Indonesia menjadi negara yang menarik bagi calon investor. Misalnya tentang mengatur adanya penyediaan lahan yang lebih mudah, dan tentang ketenagakerjaan. Regulasi ini sangat penting, yang membuat Indonesia semakin atraktif bagi calon-calon investor," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keteranganya, Kamis (23/1/2020).

Ia menegaskan selain perubahan aturan, pemerintah telah memfasilitasi pembangunan sejumlah Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan Industri terintegrasi guna menampung para calon investor sektor industri yang berminat masuk ke Indonesia.

Bahkan, lanjut ia, pemerintah juga fokus dalam upaya pengembangan sektor industri kecil dan menengah (IKM) dengan memberikan akses yang lebih baik, mulai dari penyediaan bahan baku hingga perizinan. 

"Selain itu, kami telah mengajak mereka untuk bisa go digital. Kami pun mendorong penerapan SNI untuk melindungi pasar dan konsumen dalam negeri," katanya.

Pemerintah, lanjut ia, telah menetapkan program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai agenda prioritas nasional. Hal ini guna merebut peluang bonus demografi yang akan dinikmati Indonesia hingga tahun 2030.

Dan pemerintah juga sudah memfasilitasi pemberian insentif fiskal berupa super deduction tax untuk mengajak pelaku industri terlibat dalam pelaksanaan pendidikan vokasi dan kegiatan litbang. 

“Jadi, dengan SDM terampil dan inovasi, merupakan kunci untuk industri kita bisa lebih berdaya saing di kancah global," katanya.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X