Lima Peninggalan Sejarah di Dunia yang Masih Jadi Misteri

- Senin, 17 Juni 2019 | 10:50 WIB
MaxPixel
MaxPixel

Ada banyak peninggalan sejarah di dunia yang belum terpecahkan. Hingga saat ini, baik prasasti, bangunan, tulisan, maupun benda-benda bersejarah lainnya seringkali masih menyimpan misteri.

Berikut ini lima peninggalan sejarah di dunia yang masih jadi misteri:

1. Kota Timbuktu

-
Francesco Bandarin/Wikimedia Commons

Konon katanya, awal berdirinya kota Timbuktu bermula dari seorang lelaki bernama Bukctu yang terkenal dalam kisah abad pertengahan. Kota ini dikenal dengan bangunan yang terbuat dari lumpur. Saking anehnya, kota ini dianggap mitos belaka dan disebut-sebut sebagai ujung dunia.

2. Kota Bawah Tanah

-
Ist

Diceritakan, pada tahun 2013 ditemukan puing-puing tempat persembunyian bangsa Kapadokia yang berada di wilayah Turki. Tempat ini disebut sebagai kota bawah tanah karena bangunannya berada 80 meter di bawah tanah. Bangunan ini memiliki 600 pintu masuk dan delapan tingkat.

3. Kota Petra

-
MaxPixel

Kota tersembunyi ini sangat indah sekaligus menakjubkan. Salah satu peninggalan sejarah ini terletak 900 meter di atas permukaan laut. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa dahulu kala kota ini digunakan sebagai kuil atau pemakaman. Namun, masih banyak yang mempertanyakan bagaimana kota "terbenam" ini dapat dibangun.

4. Prajurit Terracotta

-
MaxPixel

Sebuah makam di Tiongkok terdiri dari ribuan patung prajurit dan kuda yang dibuat dari tanah liat. Patung-patung ini dimakamkan bersama Kaisar Qin Shi Huang. Seluruh tentara dari tanah liat ini dibuat detail berukuran kecil dengan wajah yang berbeda-beda.

5.  Bola Batu Kosta Rika

-
pxhere

Sekitar 300 bola batu di Kosta Rika ini bentuknya hampir seperti lingkaran sempurna dan beratnya mencapai 16 ton. Bola-bola batu ini ditemukan sekitar tahun 1930-an. Namun, sampai saat ini belum ditemukan bagaimana caranya bola-bola tersebut terbentuk.

6. Legenda Stonehenge

-
MaxPixel

Dahulu dikisahkan ada seorang penyihir bernama Merlin yang membentuk bangunan Stonehenge ini. Namun, ada yang berpendapat bahwa Stonehenge sudah ada sebelum masa pemerintahan Raja Arthur. Sejumlah peneliti mengatakan bahwa Stonehenge dibangun oleh Celtic Britons yang ada di Inggris.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X