Dukung Keputusan Menkeu Copot Rafael Trisambodo, Wapres: Pejabat Hedonis Perlu Diingatkan

- Minggu, 26 Februari 2023 | 08:46 WIB
Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo (ANTARA FOTO/Agatha Olivia Victoria)
Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Jakarta Selatan II, Rafael Alun Trisambodo (ANTARA FOTO/Agatha Olivia Victoria)

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendukung langkah tegas Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang mencopot jabatan Rafael Alun Trisambodo selaku Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan. 

Wapres menilai, pencopotan Rafael adalah bentuk ketegasan Sri Mulyani untuk mengingatkan jajarannya yang memiliki keluarga bergaya hidup hedonis.

“Saya kira tindakan Bu Menteri (Keuangan) itu sudah benar, ya kalau ada pejabat yang memamerkan hidup hedonis itu perlu diingatkan ya,” kata Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangannya di Sulawesi Barat, dikutip Minggu (26/2/2023). 

 

“Kepercayaan masyarakat itu penting. Karena itu kalau ada (pejabat bergaya hidup mewah), tindakan Bu Menteri tepat sekali,” tambahnya.

Baca Juga: Kasus Penganiayaan Mario Dandy, Rafael Alun Dicopot dari Jabatan di Ditjen Pajak

Wapres pun menegaskan dengan pencopotan Rafael dari jabatannya diharapkan bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk tetap membayar pajak

“Jangan sampai ada ketidakpercayaan masyarakat terutama mereka yang membayar pajak kepada pemerintah, kemudian mereka wah, mereka menjadi ada ketidakpercayaan karena pajak yang dibayarkan digunakan oleh orang per orang. Saya kira itu penting,” ujar Wapres

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, gaya hidup yang sederhana penting untuk diaplikasikan oleh semua pejabat di setiap level jabatan. Sehingga, letupan-letupan yang dipicu akibat kesenjangan sosial dapat diminimalisir.

“Mengenai masalah hidup sederhana saya kira itu harus menjadi gaya hidup para pejabat dari atas sampai ke bawah, jangan sampai hidup itu (berlebihan/mewah),” imbau Wapres.

Baca Juga: KPK NIlai Harta Pejabat Pajak yang Anaknya Tersangka Penganiayaan Tidak Sesuai Profil

Menutup keterangannya, Wapres berpesan, sebagai upaya menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, khususnya di bidang keuangan dan pajak, perlu adanya transparansi dan literasi tentang pemanfaatan dana pajak yang tepat diimplementasikan untuk kepentingan rakyat.

“Pajak yang sudah dibayarkan oleh masyarakat, itu memang dimanfaatkan untuk pelayanan masyarakat, apa itu sekolah, jalan, infrastruktur, bansos, dan semua untuk kepentingan masyarakat,” pungkas Wapres.

Diketahui, pencopotan Rafael Alun merupakan buntut kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh anaknya, Mario Dandy Satriyo yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka. Dia diketahui menjadi tersangka penganiayaan anak pengurus GP Ansor, David.

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X