Erick Thohir Targetkan Konsolidasi Transportasi Jakarta Selesai 2023

- Minggu, 11 Desember 2022 | 18:00 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri). (ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri). (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan konsolidasi seluruh moda transportasi di DKI Jakarta akan selesai pada 2023 mendatang.

Dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin, (5/12/2022), Erick Thohir menyebutkan pihaknya ingin ada satu ekosistem besar moda transportasi, khususnya di DKI Jakarta.

"Yang sedang kita usahakan adalah konsolidasi seluruh moda transportasi yang ada di Jakarta, antara MRT, LRT, TransJakarta, biar jadi satu ekosistem," katanya.

Baca Juga: Survei Indikator: Erick Thohir Pasangan Tepat untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Menurut Erick, dengan terkonsolidasi maka pengguna moda transportasi bisa mendapatkan kemudahan akses.

"Sehingga pengguna transportasi bisa dapat kemudahan akses, jadi tidak pusing ganti kartu. Ini kita dorong dari awal, tetapi ini jadi target 2023," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengemukakan di sisi lain Kementerian BUMN juga terus mendorong penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan LRT Jabodebek, sebagai salah satu pendukung ekosistem transportasi di DKI Jakarta.

Proyek KCJB ditargetkan bisa beroperasi sesuai rencana sekitar Juni atau Juli 2023.

"Kemarin sudah disetujui PMN sebesar Rp3,2 triliun, sudah sepakati dan sekarang sedang diproses di Komisi XI untuk dicairkan akhir tahun," katanya.

-
Erick Thohir (Istimewa)

Baca Juga: Survei Indikator: Erick Thohir Jadi Figur Potensial Cawapres 2024

Tiko, sapaan akrabnya, berharap operasional KCJB bisa dilakukan secara simultan dengan LRT Jabodebek. 

Ia mengakui operasional LRT Jabodebek memang tertunda dari yang seharusnya pada Agustus 2022 ke sekitar Juli 2023 karena sistem software yang digunakan. LRT Jabodebek rencananya akan dioperasikan tanpa masinis.

"Ini memang tantangan besar, tapi ini lompatan teknologi, semoga kalau berhasil, ini jadi kebanggaan Adhi Karya, KAI dan INKA yang membangun sistem transportasi berteknologi LRT terkini, yaitu tanpa menggunakan masinis," tandas Tiko.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X