Gubernur Jateng Apresiasi Penanganan Stunting di Kendal

- Senin, 12 Juni 2023 | 13:59 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tinjau Penanganan Stunting di Kendal. (Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tinjau Penanganan Stunting di Kendal. (Istimewa)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Bupati Kendal Dico. M Ganinduto, meninjau penanganan stunting di Posyandu Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal, Kamis (8/6/2023). 

Menurutnya, penanganan stunting di Kelurahan Karangsari sudah bagus. Di lokasi ini, hanya tinggal satu anak stunting yang perlu diintervensi selama tiga bulan.

“Ternyata pendataan di sini bagus. Jumlahnya juga tidak terlalu banyak, di titik ini hanya ada satu saja tadi, dan di beberapa yang lain tadi kami minta untuk dicek,” kata Ganjar, seusai meninjau Posyandu Kelurahan Karangsari.

Baca Juga: Tekan Angka Stunting, Bupati Kendal Bakal Terus Lakukan Pengawasan

Rendahnya angka stunting di kelurahan ini dinilai menjadi aksi nyata bagaimana Bupati Kendal dan tim melakukan penanganan yang tepat, seperti pemberian asupan gizi yang bagus dan rutin bagi anak stunting, maupun bagi balita lainnya.

"Artinya treatment-nya sudah benar. Tim dari Bupati Kendal juga sudah jalan bagus," tambah Ganjar.

-
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tinjau Penanganan Stunting di Kendal. (Istimewa)

Sesuai Instruksi dari Gubernur Ganjar, Pemkab Kendal akan melakukan pengawasan rutin bagi Balita selama tiga bulan. Setelah itu, dilakukan pemeriksaan lagi apakah sudah lepas dari risiko stunting.

Melihat praktik yang ada di Kelurahan Karangsari, Ganjar optimistis penurunan angka stunting di Jawa Tengah akan signifikan. Dengan catatan, praktik serupa dilakukan di daerah lain secara intens dalam tiga bulan terakhir, seperti di Kabupaten Kendal.

Dico pun sependapat dengan Ganjar, dan akan terus melakukan pengawasan untuk mengurangi Stunting di Kendal, khususnya Jawa Tengah.

Baca Juga: Pesan Ganjar ke Kades: Genjot Penurunan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Tak cuma meninjau penanganan stunting,  Ganjar juga memberikan bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) di desa itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X