Dukung Prestasi Atlet di Jateng, Ganjar Resmikan Kawasan Olahraga Jatidiri

- Selasa, 20 Juni 2023 | 18:16 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membuka POPDA Jateng 2023. (Dok. Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membuka POPDA Jateng 2023. (Dok. Pemprov Jateng)

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jawa Tengah tahun 2023 sekaligus meresmikan Kawasan Olahraga Jatidiri, Selasa (20/6/2023). Ganjar berpesan agar para atlet menunjukan kemampuan mereka secara maksimal. 

"Atletnya sudah bersemangat. Ada ratusan kontingen yang datang tadi, luar biasa. Tentu semangatnya hebat-hebat," kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya.

Ganjar kemudian bercerita bahwa hingga Selasa (20/6/2023) pagi, ia mencatat ada dua peristiwa olahraga Indonesia. Pertama, adalah Timnas Sepak Bola Indonesia yang mampu memberikan perlawanan terhadap juara dunia Argentina. 

Dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada Senin (19/6/2023) malam itu Indonesia memang kalah 0-2 dari Argentina. Tetapi mental dan semangat para pemain patut untuk dicontoh.

Baca Juga: Buka Popda Jateng 2023, Ganjar Dorong 3.298 Atlet Berprestasi Level Dunia

"Semangat kita top sehingga kita bisa tunjukkan kualitas atlet kita hebat. Lalu tadi pagi saya menerima kabar dari Berlin, atlet SOIna kita pecah telur setelah Putri Nur Azizah mendapatkan emas dari cabor senam. Merah Putih berkibar di Berlin," kata Ganjar menyemangati para atlet POPDA.

Menurut Ganjar, dua peristiwa itu menunjukkan bagaimana semangat dan mental para atlet tanah air mampu bersaing di kancah dunia. Oleh karena itu, ia ingin para atlet POPDA yang merupakan generasi Z untuk bisa mencatatkan prestasinya di ajang ini hingga nanti berlanjut sampai tingkat dunia.

"Pertama, kita menyiapkan atlet-atlet muda kita, para pelajar yang mengikuti Popda ini. Mudah-mudahan ini juga bagian dari proses untuk melihat prestasi mereka dengan mengadakan pertandingan ini," katanya usai pembukaan.

POPDA Jateng 2023 diikuti kontingen dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Total atlet yang mengikuti ajang ini sebanyak 3.298 orang, dengan jumlah pelatih 947 orang. Mereka akan bertanding pada 25 cabang olahraga untuk memperebutkan 242 emas, 242 perak, 361 perunggu. Para atlet juga akan tercatat dalam sistem informasi atlet Jawa Tengah.

"Tentu saja saya minta pelatih untuk nyatetin mereka. Mana anak-anak kita yang punya bakat olahraga, kota dorong mereka untuk makin berprestasi dan mudah-mudahan Popda ini menjadi ajang pertunjukan prestasi di antara mereka, sehingga ini bibit-bibit hebat yang kita siapkan untuk menjadi atlet nasional dan dunia," jelas Ganjar.

Baca Juga: Ganjar Jadi Mentor Inspektorat se-Jateng dan Beri Penguatan Materi Antikorupsi

Dalam kesempatan itu, Ganjar Pranowo juga meresmikan Kawasan Olahraga Jatidiri yang telah selesai direnovasi pada tahun ini. Ajang POPDA Jateng 2023 menjadi ajang pertama yang digelar di kawasan olahraga yang dibangun menggunakan anggaran sekitar Rp 1,1 triliun itu. 

"Kedua, tentu mereka kami minta untuk ngetes area yang ada di Jatidiri ini, venue yang sudah kami resmikan. Venue-nya baru, boleh mereka nanti gunakan," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar berharap Kawasan Olahraga Jatidiri dapat memberikan manfaat lebih banyak untuk para atlet. Untuk itu, ia meminta fasilitas Kawasan Olahraga Jatidiri dikelola dengan baik. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X