Di Era Digital, Indonesia Butuh Pemimpin Seperti Erick Thohir

- Jumat, 17 Juni 2022 | 12:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua dari kiri) (Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua dari kiri) (Istimewa)

Indonesia dinilai membutuhkan pemimpin yang melek teknologi atau tech savvy untuk menghadapi tantangan-tantangan di era digital. Profil pemimpin seperti itu ada pada Menteri BUMN Erick Thohir.

Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Hamdi Muluk mengakui, Erick Thohir adalah pemimpin yang sangat akrab dengan teknologi. Menurut dia, Erick Thohir merupakan sosok muda yang paham dengan perkembangan zaman.

“Erick Thohir sosok muda dan kekinian dan mungkin bahasa anak sekarang itu technological savvy. Orang yang akrab dengan teknologi,” ujar Hamdi pada Rabu (15/6/2022).

Hamdi mengatakan, kemahiran Erick Thohir dalam menguasai teknologi yang berkembang terbukti mampu membawa banyak kemajuan di BUMN. Hamdi menilai Erick Thohir sukses mewujudkan transformasi digital pada perusahaan-perusahaan plat merah tersebut.

Hamdi mengapresiasi digenjotnya transformasi digital di tubuh BUMN. Sebab menurut dia, BUMN akan tenggelam jika tidak mampu mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang.

“Karena di BUMN di bisnis kalau dia enggak mengadopsi transformasi digital itu BUMN kita tenggelam aja udah. BUMN itu kata kuncinya inovasi, jadi tampaknya Pak Erick Thohir melihat ke situ,” kata Hamdi.

-
Di Era Digital, Indonesia Butuh Pemimpin Seperti Erick Thohir (Istimewa)

Hamdi mengatakan seorang pemimpin yang melek teknologi akan sangat dibutuhkan untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih maju. Selain itu, dibutuhkan sosok pemimpin yang memiliki inovasi dan mampu bekerja keras.

“Karena Indonesia mau masuk ke tantangan pembangunan dari 2024 sampai misalnya sepuluh tahun ke depan dan diperlukan orang-orang yang melek teknologi dan berinovasi. Ekonomi akan menjadi isu penting ke depan. Dan dibutuhkan orang-orang yang bisa bekerja keras,” ujar Hamdi.

Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X