Harga BBM Naik, DPRD DKI Minta Anies Gratiskan Transportasi Umum di Jakarta

- Rabu, 7 September 2022 | 18:22 WIB
Ilustrasi antrean pengisian BBM di SPBU. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)
Ilustrasi antrean pengisian BBM di SPBU. (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Anggota DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim mengusulkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar seluruh transportasi umum ibu kota digratiskan segera menyusul naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Hal tersebut diyakini oleh Lukmanul sebagai salah satu upaya untuk mengajak warga Jakarta beralih mengunakan transportasi publik dan mengurangi kemacetan serta polusi udara di Jakarta.

“Saya meminta Gubernur Anies Baswedan untuk mengratiskan transportasi publik seperti Transjakarta, MRT, LRT, Minitrans dan Mikrotrans selama satu bulan,” ucapnya, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga: Buruh Ancam Mogok Nasional di Akhir November Jika Harga BBM Tak Turun

Ia pun merasa prihatin dengan keputusan pemerintah pusat yang memutuskan untuk menaikan harga BBM. Keputusan itu akan berdampak pada kenaikkan harga-harga kebutuhan hidup lainnya, serta memicu inflasi.

“Kenaikan harga BBM bersubsidi pastinya beredampak langsung dan mempersulit perekonomian warga Jakarta. Apalagi rata-rata warga Jakarta mobilitasnya cukup tinggi setiap harinya sehingga  dapat diasumsikan pengeluarannya pun bertambah setelah kenaikan BBM ini,” terangnya.

Di sisi lain, Lukmanul juga meminta satgas pangan untuk difungsikan dan bekerja lebih dalam upaya pengawasan stabilitas sembako. Sebab dengan kenaikan BBM tersebut diprediksi akan terjadi permainkan harga pangan.

"Operasi pasar harus rutin, intensif guna mencegah permainan harga. Satu sisi PR klasik pemerintah juga harus segera diselesaikan, yaitu ketika musim panen tiba harga harus stabil, tidak boleh anjlok," tandasnya.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X