Presiden Jokowi Tegaskan Indonesia Tak Bisa Didikte Negara Mana Pun

- Kamis, 1 Juni 2023 | 10:41 WIB
Presiden RI, Joko Widodo pimpin upacara Hari Lahir Pancasila. (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
Presiden RI, Joko Widodo pimpin upacara Hari Lahir Pancasila. (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Monas, Jakarta, pada hari Kamis (1/6/2023), Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia, sebagai negara besar, harus duduk sejajar dengan bangsa lainnya. Ia menekankan bahwa Indonesia tidak dapat didikte oleh negara manapun atau siapapun.

"Inilah Indonesia. Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapa pun, yang tidak dapat didikte negara mana pun, namun selalu siap berkontribusi bagi dunia," kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pakai Baju Adat Kesultanan Deli, Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Presiden Jokowi menyatakan bahwa Indonesia siap untuk bekerja sama dan memimpin, serta berkolaborasi dengan negara-negara lain, berfungsi sebagai titik temu dan jembatan di tengah perbedaan yang ada di dunia. Menurutnya, ideologi Pancasila yang dipegang oleh Indonesia telah membuat kepemimpinannya diterima dan diakui oleh dunia.

Presiden juga mencatat bahwa kesuksesan pelaksanaan Kepresidenan G20 serta peran Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada tahun ini, adalah bukti nyata bahwa Pancasila tidak hanya relevan bagi Indonesia, tetapi juga bagi dunia.

Dalam pandangannya, toleransi, persatuan, dan gotong royong, adalah kunci dalam membangun bangsa yang kuat. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menolak ekstremisme, politisasi identitas, dan politisasi agama, terutama menjelang Pemilihan Umum 2024.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ketemu Presiden Iran Ebrahim Raisi, Bakal Sepakati 10 Kerja Sama

"Mari kita menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan kedewasaan, dengan suka cita, dengan memegang teguh nilai Pancasila, memperjuangkan Indonesia maju yang sejahtera, serta adil berwibawa di kancah dunia," kata Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X