Jejak Rekam Ganjar Pranowo Capres 2024 dari PDIP

- Jumat, 21 April 2023 | 21:02 WIB
Ganjar Pranowo bakal capres 2024 dari PDIP. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Ganjar Pranowo bakal capres 2024 dari PDIP. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Ganjar Pranowo telah resmi menjadi bakal capres 2024. Dia diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan  (PDIP) Megawati Soekarnoputri melalui kanal YouTube PDI Perjuangan yang, Jumat (21/4/2024).

Bagaimana jejak rekam Ganjar Pranowo?

Melansir laman Pemprov Jateng, Ganjar yang lahir di Karanganyar, 28 Oktober 1968 sebelumnya adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di zaman Orde Baru.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Bakal Capres 2024, Puan Maharani Dapat Tugas Bentuk Tim Pemenangan

Namun, setelah Suryadi memimpin dan menyingkirkan Megawati Sukarnoputri, ia memutuskan untuk keluar dari partai berlambang banteng tersebut. Ganjar lantas serius menerjuni bisnisnya sebagai konsultan sumber daya manusia.

Pria lulusan Universitas Gajah Mada yang aktif berorganisasi sejak mahasiswa tahun 1992 ini banyak belajar dari ikon-ikon politik tanah air termasuk  Megawati dan Soetardjo Serjogoeritno, yang kian mempertajam kemampuan intelektualnya. 

-
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memakaikan kopiah simbolis ke capres Ganjar Pranowo (Dok PDIP)

 

Ganjar kemudian bergabung dengan PDIP bersama Megawati. Ia bahkan melakukan pelantikan untuk kader PDIP di awal 2003, sebelum akhirnya menjadi kandidat dalam pemilu legislatif di tahun 2004 dari daerah pemilihan Jawa Tengah 7. Sayangnya, Ganjar kalah.

Jadi Anggota DPR

Namun setelah kandidat di atasnya terpilih sebagai duta besar, ia pun menggantikan posisi tersebut dan duduk di bangku DPR RI Komisi IV.

Kegigihan dan keberanian untuk bersuara menjadikan reputasinya meningkat di kancah politik. 

Pria yang dulunya bersekolah di SD dan SMP Kutoarjo Jawa Tengah dan menghabiskan masa SMA di BOPKRI Yogyakarta ini dinilai sebagai politikus yang berprinsip.

-
Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)

 

Ia pun terpilih lagi dalam pemilu tahun 2009 dan dipercaya menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga 2014 nanti, serta panitia angket pengusutan kasus Bank Century.

September 2012, kepercayaan diri ayah satu anak yang juga aktif menekuni pekerjaan lainnya baik di kantor hukum dan bisnis seperti di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti ini makin tinggi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X