PJ Gubernur Jakarta Dorong Akselerasi Ekonomi Jakarta dalam Pembukaan Musrenbang

- Kamis, 16 Maret 2023 | 18:54 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Kota Administrasi Jakarta Selatan di Kantor Wali Kota masing-masing, pada Kamis (16/3/2023). 

Musrenbang ditujukan untuk membahas rencana program/kegiatan pembangunan tingkat wilayah yang bersumber dari aspirasi masyarakat, serta prioritas pembangunan daerah. Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Heru menyampaikan, berbagai arahan untuk kemajuan kota. 

“Arahan yang saya sampaikan terkait penanggulangan dalam mengentaskan kemacetan, banjir, kemiskinan, hingga stunting. Selain itu juga untuk memperkuat dan mempercantik infrastruktur sebagai bagian untuk mendukung event Keketuaan ASEAN,” jelas Pj. Gubernur Heru.

Baca Juga: Mentan SYL bersama PJ Gub DKI Sidak Pasar Kramat Jati, Pastikan Bawang dan Cabai Aman

Kegiatan Musrenbang diselenggarakan secara berkeliling di seluruh wilayah kota/kabupaten administrasi Jakarta sebagai landasan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024.

Dalam arahannya, Pj. Gubernur Heru juga mengajak jajarannya untuk saling berkoordinasi dan bersinergi, khususnya untuk mengantisipasi kondisi ekonomi. 

-
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (INDOZONE/Febyora Dwi Rahmayani)

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun pemulihan pascapandemi Covid-19. Sedangkan resesi global diperkirakan akan mengancam pada 2023. Akselerasi perekonomian tentu diperlukan, sehingga kondisi perekonomian dapat pulih seperti sebelum pandemi.

"Karena pembahasan Musrenbang tahun ini adalah untuk kebijakan di tahun 2024, maka kita semua harus waspada akan potensi kondisi perekonomian. Oleh karena itu diperlukan jaringan pengamanan sosial, di mana Dinas PPKUKM, Dinas Dukcapil, serta Bappeda saling bersinergi untuk membaca situasi ke depan," jelas Pj Gubernur Heru.

Baca Juga: Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Dirawat di 4 RS, Ini Daftarnya!

Sejalan dengan itu, Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2023-2026 memfokuskan pembangunan tahun 2024 pada peningkatan ketahanan kota melalui penguatan ekonomi inklusif dan pemantapan kualitas pelayanan dasar. 

Oleh karena itu, tema pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 adalah “Transformasi Jakarta sebagai Kota Tangguh, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan untuk Indonesia”.

Perencanaan pembangunan tahun 2024 akan diprioritaskan untuk menangani enam isu yaitu: penanggulangan banjir, penanganan kemacetan, antisipasi dampak resesi ekonomi, penanggulangan kemiskinan, percepatan penurunan stunting, dan penguatan nilai demokrasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X