Pupuk Kaltim Hadirkan Mahakarya Pameran Bentang Bontang Lewat Karya Seni

- Jumat, 2 Desember 2022 | 16:00 WIB
Press Conference Pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri di Galeri Mojisa, Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022) (INDOZONE/Nandya)
Press Conference Pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri di Galeri Mojisa, Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022) (INDOZONE/Nandya)

Setiap wilayah di Indonesia tidak akan pernah lepas dari nilai sejarah dan keberagaman budaya daerah. Dikenal sebagai negeri seribu pulau, Indonesia menyimpan begitu banyak keindahan seni dan budaya yang harus tetap dilestarikan sampai ke generasi mendatang.

Melestarikan seni kebudayaan ini menjadi inspirasi bagi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) untuk memberi sebuah ruang bagi para seniman, sastrawan, dan budayawan Indonesia untuk dapat menuangkan sisi kreatifitasnya ke dalam sebuah mahakarya terutama pada nilai seni dan kebudayaan wilayah Bontang, Kalimantan Timur yang menjadi tempat PKT beroperasi sejak tahun 1977. 

Baca Juga: Megahnya Taman Istana Raja Belgia, Punya 15 Rumah Kaca Dibangun Selama 31 Tahun

Tekad melestarikan seni dan budaya ini diwujudkan oleh PKT dengan menghadirkan Pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri, yang dapat dinikmati oleh masyarakat di Galeri Mojisa, Sarinah, Jakarta. Pameran ini dibuka untuk umum, dan akan berlangsung dari 2- 10 Desember 2022. 

-
Press Conference Pameran Bentang Bontang - Seni Memanusiakan Industri di Galeri Mojisa, Sarinah, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2022) (INDOZONE/Nandya)

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Mansury yang menghadiri dan menikmati hasil karya yang ditampilkan dalam pameran yang juga merupakan rangkaian perayaan HUT-45 PKT, turut menyampaikan apresiasinya,

“Selamat Ulang Tahun PKT. 45 Tahun PKT berkarya, berupaya mendukung ketahanan pangan, menyuburkan negeri. Semoga PKT semakin jaya dan dapat terus memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia, dalam semangat kebersamaan. Stronger Together For Our Future,” kata Wakil Menteri BUMN I, Pahala Mansury.

Pameran yang menjadi kolaborasi antara PKT dengan para  seniman, sastrawan, dan budayawan Indonesia ini mengangkat tema seni memanusiakan industri, dimana PKT menunjukkan sisi humanis dari industri pupuk dan petrokimia. Hal ini sejalan dengan misi BUMN yang harus berkembang dan mendukung nilai-nilai masyarakat, salah satunya dengan berpartisipasi aktif dalam upaya melestarikan seni dan budaya. 

 

 “Jika selama ini industri dikenal dengan pabrik, mesin, dan senyawa kimia, maka kini PKT ingin memperlihatkan sisi yang berbeda dari sebuah industri yang dapat dirasakan oleh masyarakat melalui sentuhan karya seni yang dihadirkan pada Pameran Bentang Bontang. Sejatinya kami terus memberdayakan dan melestarikan kebudayaan Bontang agar ke depannya tidak hanya sebagai nilai budaya tapi juga dapat menjadi daya tarik pariwisata Kota Bontang," kata Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi.

Pameran Bentang Bontang dibuka pertama kali pada hari ini, yaitu 2 Desember 2022 oleh Direktur SDM, Tata Kelola, Manajemen Risiko Pupuk Indonesia, Tina T. Kemala Intan bersama dengan Direktur Keuangan dan Umum PKT, Qomarruzaman dan turut dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Zuryati Simbolon, Jajaran Direksi PT Pupuk Indonesia (Persero), Jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PKT, serta mewakili rombongan seniman, Butet Kartaredjasa. 

Membantu pertumbuhan tingkat pariwisata wilayah Bontang menjadi salah satu komitmen perusahaan. Potret pemberdayaan masyarakat lokal dalam mengelola kekayaan alam dan melestarikan kebudayaannya terekam dalam karya seni rupa, sastra dan tari dalam pameran ini.

Ke depan, melalui hadirnya Pameran Bentang Bontang maka dapat menarik minat masyarakat luas untuk berkunjung serta menyaksikan langsung keindahan destinasi wisata kebudayaan Bontang dan turut memberikan dampak kepada nilai perekonomian masyarakat lokal.

Baca juga: The Hallway Space, Tempat Hangout Anak Muda Bandung Sekaligus Berkarya Seni

Dalam menghadirkan Pameran Bentang Bontang, PKT mengajak seniman legendaris Indonesia Butet Kartaredjasa sebagai pemimpin rombongan seniman yang terlibat dalam proses Pameran Bentang Bontang.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X