IndoXXI akan Dihapus, Warganet: I Stand with IndoXXI!

- Minggu, 22 Desember 2019 | 08:39 WIB
Ilustrasi nonton film di situs IndoXXI. (Indozone/Fahmy Fotaleno)
Ilustrasi nonton film di situs IndoXXI. (Indozone/Fahmy Fotaleno)

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) nampaknya akan menghapus situs nonton film bajakan IndoXXI. Hal ini dikarenakan konsumsi streaming bajakan di Indonesia cukup tinggi.

Survei dari YouGov yang didukung dari Coalition Against Piracy besutan Asia Video Industry Association menyebutkan bahwa hampir 60 persen konsumen online Indonesia mengakses website streaming bajakan tanpa berlangganan atau membayar.

Survei ini juga menemukan bahwa 29 persen konsumen menggunakan TV Box yang dikenal sebagai Illicit Streaming Devices (ISDs), berisi aplikasi ilegal yang memberi akses terhadap acara televisi dan konten video in demand seperti dari Netflix.

Salah satu aplikasi streaming bajakan populer adalah IndoXXI (Lite), yang digunakan hampir 35 persen pengguna ISD. Lalu muncul kabar pemertintah berencana akan menghapus situs IndoXXI.

Sontak kabar tersebut menuai reaksi dari netizen di Twitter. Mayoritas warganet menyayangkan bahkan bernada menolak langkah pemerintah untuk menutup atau menghapus situs IndoXXI.

Seperti cuitan akun @yayapalaguna yang percaya bahwa banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk negara ini, tapi bukan penghapus situs IndoXXI.

Sedangkan pemilik akun @nukyuya memposting gambar yang mengekspresikan kesedihannya karena IndoXXI akan ditutup. Ia juga mempertanyakan dimana lagi bisa streaming film secara gratis.

Beberapa nada sumbang lain dari netizen:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X