E-Commerce Indonesia Dikuasai Produk Asing, Ini Cara Mengatasinya
Pekerja melakukan penyortiran barang-barang pesanan belanja daring, Rabu (13/11/2019). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp).
News

E-Commerce Indonesia Dikuasai Produk Asing, Ini Cara Mengatasinya

Cintailah produk Indonesia.

Sabtu, 14 Desember 2019 15:56 WIB 14 Desember 2019, 15:56 WIB

INDOZONE.ID - Perkembangan e-commerce di Indonesia telah memberikan kontribusi signifikan bagi perekenomian nasional. Nilai transaksi e-commerce telah mencapai angka 112 triliun dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. 

Namun, data juga menunjukkan bahwa produk asing sangat mendominasi pasar e-commerce di Indonesia sehingga berbahaya untuk perekonomian domestik. 

"90 persen impor Indonesia berasal dari e-commerce. Berdasarkan penelitian kami pada 1626 responden, hal tersebut karena barang tidak diproduksi dalam negeri dan harganya lebih murah," ujar Peneliti Ekonomi LIPI Nika Pratama dalam keteranganya, Sabtu (14/11),

Untuk mengurangi produk asing di e-commerce. Paling tidak, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), merekomendasikan diantaranya perlindungan domestik, peningkatan daya saing domestik dan ekspansi global. 

Langkah yang bisa diambil pemerintah adalah pengenaan PPN 10 persen untuk membatasi impor serta mendorong pembuatan platform marketplace dan desa e-commerce.

Ia menegaskan, permasalahan banyaknya produk asing di marketplace, perlu ditindaklanjuti dengan cermat, karena dapat mengancam keberlangsungan usaha produsen dan penjual online di Indonesia. 

Nika mengungkapkan langkah Indonesia juga dapat mengadopsi konsep desa e-commerce Taobao Village. Taobao Village mampu menikmati dampak dari pertumbuhan ekonomi yang signifikan dalam mengakses, membeli dan menjual di e-commerce. 

"Hasilnya, ekosistem perekonomian menjadi lebih maju, clearance dan warehousing lebih baik, inspeksi lebih singkat, serta efisiensi dan daya saing pun meningkat," katanya. 

Selain itu, lanjut ia, kawasan khusus e-commerce dapat menjadi pilihan untuk memudahkan aktivitas ekspor dan impor melalui e-commerce.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Alwan
Alwan

Alwan

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU