Gubernur Yogya Pastikan Rumah Sakit di Wilayahnya Cukup Tangani Pasien Corona

- Rabu, 8 April 2020 | 22:56 WIB
Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. (Photo/Dok. Ambarrukmo)
Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. (Photo/Dok. Ambarrukmo)

Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X telah memastikan bahwa kapasitas rumah sakit rujukan virus corona di DIY masih cukup untuk menangani pasien Covid-19. Hal itu disampaikannya setelah melakukan telekonferensi pers dengan tenaga kesehatan dari berbagai rumah sakit.

"Menurut pendapat saya, bed yang ada untuk 26 rumah sakit itu baru digunakan PDP, yang mereka kena virus itu baru 50 persen dari kapasitas yang ada jadi kan masih kosong 50 persen," kata Sultan di Kepatihan Pemda DIY, Rabu (8/4/2020).

Sultan HB X juga mengatakan bahwa ada kejanggalan jika dirinya telah menyampaikan laporan bahwa pasien Covid-19 mengalami penolakan dari rumah sakit rujukan.

"Jadi kalau susah merujuk kan itu sebetulnya aneh. Nanti kami selesaikan sebetulnya ada 'gap' apa. Apa online-nya kurang bagus atau ada hal lain, saya kurang tahu nanti kita selesaikan," ucap Sultan.

Ia juga mengatakan bahwa RSPAU dr Hardjolukito memiliki 151 kamar dengan tiga lantai dan baru dioperasikan satu lantai dengan 40 kamar.

"Tenaga medis tidak ada masalah. mungkin yang problem RS Harjolukito mestinya punya tiga lantai tapi baru bisa diaktifkan satu lantai dengan 40 kamar. Karena kalau dia buka sampai dua apalagi tiga lantai akan kekurangan tenaga karena sebagai tenaga di pindahkan di wisma atlet Jakarta," ujar Sultan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X