Pemilih Muda Dominasi Pemilu 2024, Ini yang Harus Dilakukan oleh Parpol untuk Raih Suara

- Rabu, 28 September 2022 | 19:06 WIB
Ilustrasi pekerja melipat surat suara yang memperlihatkan susunan parpol berdasarkan nomor urut. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)
Ilustrasi pekerja melipat surat suara yang memperlihatkan susunan parpol berdasarkan nomor urut. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan, pemilih muda akan mendominasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Bahkan para pemilih muda mengharapkan adanya perubahan.

Pengamat Politik dari Citra Institute, Yusa Fachran mengatakan adanya hasil survei tersebut menunjukkan bahwa pemilih muda mempunyai pengaruh di Pemilu 2024. Sehingga pesan tersebut haruslah ditangkap oleh partai politik.

“Pesan penting ada perubahan yang signifikan yang turut mempengaruhi peta politik di 2024. Terutama meningkatkan akses pemilih muda terhadap medsos, dan tingginya perhatian mereka pada isu-isu kesehatan, ketenagakerjaan, lingkungan, demokrasi dan bahkan pemberantasan korupsi,“  ujar Yusa kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Untuk itulah, menurut Yusa, penting bagi peserta pemilu ke depan untuk memenuhi ekspektasi para pemilih muda ini. Tidak hanya dalam konteks pemilu presiden, tetapi juga pemilu legislatif.

“Bagaimana mampu merebut kelompok milenial yang jumlahnya signifikan dengan menghadirkan berbagai literasi elektoral yang  mencerdaskan bagi kelompok muda, saya bahasakan upaya membangun ekosistem politik yang sehat dan mencerdaskan, secara nasional dan komunitas milenial,“ tutur Yusa. 

Baca Juga: Erick Thohir Jaga Hubungan Baik dengan Para Ketua Partai Jelang Pilpres 2024

Dalam survei CSIS teranyar, sosok calon pemimpin yang diinginkan pemilih muda, adalah dia yang mampu menawarkan perubahan, terutama dalam menyelesaikan menghadirkan kepemimpinan dalam masa krisis. Calon pemimpin yang percaya diri dan memiliki visi dan misi untuk kesejahteraan bangsa.

Hasil surve itu juga menyebutkan bahwa Partai Golkar adalah partai yang populer dan dikenal oleh pemilih muda. Selain itu, survei tersebut juga mengungkapkan 34,8% pemilih muda berminat dan butuh pemimpin yang jujur atau tidak korupsi dalam Pemilu 2024. 

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Partai Golkar Christina Aryani mengungkapkan hasil survei tersebut menjadi berita baik yang membanggakan Partai Golkar. 

"Di kepengurusan DPP Partai Golkar Ketua Umum Airlangga Hartarto memberikan kesempatan kepada banyak anak muda, termasuk juga di ormas sayap-sayap partai dengan berbagai program yang khusus menyasar anak-anak muda," jelas Christina.

Dia berkata kebutuhan generasi muda terhadap karakter pemimpin yang jujur atau tidak korupsi, sekaligus menguasai isu ekonomi juga menjadi fokus partai.

Baca Juga: Partai Golkar Populer di Pemilih Anak Muda, Ini Penyebanya

"Bagi kami Ketua Umum Bapak Airlangga Hartarto jelas masuk dalam kriteria tersebut. Rekam jejak bidang perekonomian beliau tentunya tidak perlu diragukan lagi," ujarnya.

Selain itu, Christina menilai Airlangga sebagai sosok yang sudah teruji rekam jejaknya dalam hal kejujuran atau tidak korupsi.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X