Pj Gubernur DKI Jakarta Akan Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

- Selasa, 25 Oktober 2022 | 02:00 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (Antara/Gilang Galiartha)
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (Antara/Gilang Galiartha)

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, akan melakukan penambahan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di sejumlah gedung hingga stasiun di Jakarta. Hal tersebut disampaikan Heru saat mengunjungi Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

"Ada beberapa yang bisa kita segera eksekusi, seperti di Manggarai, Tanah Abang bakal dan setiap gedung ada penambahan SPKLU," ujar Heru di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat, Selasa (25/10/2022).

Menurut Heru, nantinya akan ada pembahasan dari pemerintah daerah (pemda) dengan pihak swasta terkait perizinan pembangunan SPKLU.

Baca Juga: Sepekan Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta, Kinerja Heru Dipuji Pimpinan DPRD

"Pemerintah daerah ataupun nantinya bersama dengan pihak swasta (mengurus) perizinannya," sambung Heru.

Ia menambahkan, terkait pembiayaan pembangunan SPKLU, nantinya akan dibahas dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan DPRD DKI Jakarta.

"Parkir ada banyak lahan-lahan milik pemda, nanti kombinasi anggarannya kita bahas dulu dengan DPRD," ujar Heru.

Menurut Menhub, penambahan SPKLU ini guna mendukung masyarakat agar beralih menggunakan transpostasi mobil dan motor listrik.

"Memiliki keuntungan yang banyak sekali, satu tentu keuntungan bagi pengendara tinggi, yang kedua irit bahan bakar, dan yang ketiga lingkungan," ujar Menhub.

Selain itu, Menhub meminta penambahan tempat pertukaran baterai. Tujuannya adalah memudahkan masyarat melakukan pertukaran.

Baca Juga: Soal Percepatan Integrasi Transportasi Umum, Pj Gubernur DKI Jakarta Temui Menhub

"Saya minta kiranya Pak Gubernur menambah tempat, bahkan pertukaran baterai supaya minat masyarakat untuk melakukan itu (menggunakan kendaraan listik), terutama untuk ojol meningkat," pungkas Menhub.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X