Cuaca Hari Ini:  Beberapa Daerah Diminta Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang

- Selasa, 30 Mei 2023 | 07:35 WIB
Kendaraan melintas di jalan yang tergenang air hujan. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Kendaraan melintas di jalan yang tergenang air hujan. (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Cuaca hari ini di Tanah Air diprakirakan akan terjadi hujan yang lebat disertai dengan angin kencang di beberapa wilayah.

Olehnya itu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta beberapa wilayah di Indonesia untuk mewaspadai adanya potensi hujan lebat lebih dari 50 milimeter dan anging kencangg dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam.

Baca Juga: Diangkat dari kisah Nyata, Drama Jepang "1 Litre of Tears" Ini Bikin Banjir Air Mata

Mengutip data daru laman resmi BMKG,  beberapa wilayah yang berpotensi turun hujan lebat yakni wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Hujan lebat juga berpotensi dialami oleh wilayah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Sementara potensi angin kencang harus diwaspadai oleh wilayah seperti Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Maluku dan Papua Barat.

Baca Juga: Polresta Malang Kota Tangkap Pelaku Penipuan Penjualan Tiket Konser Coldplay

Tak hanya hujan lebat dan angin kencang, potensi hujan disertai kilat atau petir juga harus diwaspadai oleh wilayah Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.

Wilayah seperti Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Papua Barat juga harus mewaspadai adanya potensi hujan disertai kilat atau petir.

Adanya hujan lebat dan angin kencang yang disertai kilat atau petir akhirnya membuat beberapa wilayah berpotensi mengalami banjir seperti Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

“Untuk Nusa Tenggara Timur berpotensi mengalami kebakaran hutan,” ujar BMKG.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X