Firli Bahuri Temui Kapolri, Ini Respons Mantan Penyidik KPK

- Kamis, 20 April 2023 | 17:41 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Ketua KPK Firli Bahuri (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, menanggapi langkah Ketua KPK Firli Bahuri menemui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu.

"Saya yakin, bahwa sowan Firli kepada Kapolri tersebut, menunjukkan Firli ketakutan karena kejahatannya yang sedang diproses oleh Polri atas laporan banyak pihak," kata Novel kepada wartawan, Kamis (20/4/2023).

Menurut Novel, pertemuan itu tidak serta-merta menghentikan proses hukum yang tengah berjalan di Polri. Diketahui, Firli dilaporkan ke kepolisian lantaran diduga membocorkan dokumen rahasia penyelidikan KPK di Kementerian ESDM kepada pihak berperkara.

-
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Baca Juga: KPK Fasilitasi Kunjungan Keluarga Tahanan di Hari Raya Idul Fitri 1444 H

"Saya yakin upaya Firli untuk menemui Kapolri tersebut tidak membuat perkara yang bersangkutan tidak diproses, karena perbuatan pembocoran data yang diduga dilakukan oleh Firli merupakan kejahatan serius, bahkan sudah diketahui publik," tutur Novel.

Lebih lanjut, Novel juga tidak mempercayai alasan Firli menemui Kapolri untuk menguatkan sinergitas pemberantasan korupsi antarkedua lembaga penegak hukum.

Sebab, Firli telah mengabaikan surat Kapolri tertanggal 29 Maret 2023 yang berisi perintah perpanjangan penugasan Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan (Dirlidik) KPK.

"Hal tersebut tidak akan terjadi bila ada rasa saling menghormati. Padahal, dalam masalah tersebut Kapolri hanya melaksanakan proses administrasi rutin untuk perpanjangan masa tugas di KPK. Sebaliknya, justru Firli yang melanggar hukum dan peraturan kepegawaian KPK sendiri," ujar Novel.

Ketua KPK Temui Kapolri

Sebelumnya, Firli menemui Listyo di Rumah Dinas Kapolri, di kawasan Jakarta Selatan, pada Minggu (16/4/2023). Mereka bertemu sekitar satu jam sejak pukul 16.30 WIB hingga 17.30 WIB.

Firli tidak menjelaskan secara rinci soal apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Ia hanya menyatakan hubungan KPK dengan Polri tetap harmonis, untuk memberantas korupsi.  

Baca Juga: KPK Sebut Nir-Integritas Jadi Faktor Pejabat Publik Terjerat Korupsi

"KPK dan Polri memiliki tujuan yang sama, yaitu mewujudkan tujuan negara. KPK dan Polri bahu-membahu bersinergi memberantas korupsi," kata Firli.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X