Serahkan Presidensi ke PM India, Presiden Jokowi Resmi Tutup KTT G20 Bali

- Rabu, 16 November 2022 | 15:38 WIB
Presiden Jokowi memimpin sidang penutupan KTT G20. (tangkapan layar YouTube sekretariat presiden).
Presiden Jokowi memimpin sidang penutupan KTT G20. (tangkapan layar YouTube sekretariat presiden).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup konfrensi tingkat tinggi (KTT) G20 yang di selenggarakan di Bali. Jokowi kemudian menyerahkan gelar predensi G20 tahun depan kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi.

"Saya juga ingin menyampaikan selamat kepada India yang akan melanjutkan presidensi G20 selanjutnya. Amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta petumbuhan yang kuat dan inklusif, selanjutnya berada di tangan yang Mulia PM Narendra Modi," kata Jokowi dalam sidang penutupan G20 di Apurva, Bali, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Pimpin Sesi III KTT G20, Presiden Jokowi Serukan Perang untuk Diakhiri

Dikatakan Jokowi, Indonesia siap membantu India di dalam menyukseskan pergelaran G20 tahun depan. Begitu juga para pemimpin dunia yang tergabung di dalam G20 agar dapat membantu India menyukseskan acara tersebut.

"Sebagai sahabat India dan bagian dari tahun depan, Indonesia siap untuk mendukung kesuksesan presidensi G20 India dan saya juga meminta kepada pimpinan G20 untuk mendukung India tahun depan," jelas Jokowi.

-
Presiden Joko Widodo (kanan) menyerahkan palu kepemimpinan G20 kepada Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi (kiri) pada penutupan Working Session 3 KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). (ANTARA/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru)

Baca Juga: Sah! KTT G20 Sepakati "Bali Leaders' Declaration"

Menutup sidang G20, Presiden Jokowi sangat memberikan apresiasi kepada pemimpin negara G20 yang dapat hadir secara langsung di Bali. Dia kemudian mengucapkan selamat jalan kepada para delegasi yang bakal kembali ke negaranya.

"Para pemimpin yang saya hormati telah tiba akhir dari KTT G20, saya mengucapkan terima kasih kepada yang mulia semua dan selamat jalan and hava a safe trip," tutur Jokowi

"Baiklah dengan ini saya nyatakan, KTT G20 di Bali Indonesia, ditutup," kata Jokowi sambil mengetuk palu di meja sidang.

Penutupan itu pun langsung disambut tepuk tangan riuh dari seluruh hadirin para pemimpin negara yang hadir.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X