Roket Diduga Buatan Rusia Hantam Polandia, Presiden Andrzej Duda: Masih Dalam Penyelidikan

- Rabu, 16 November 2022 | 10:35 WIB
Dampak ledakan di Przewodow, Polandia (Reuters/Handout)
Dampak ledakan di Przewodow, Polandia (Reuters/Handout)

Sebuah roket dikabarkan menghantam wilayah Polandia, Selasa 15 November 2022, waktu setempat. Dilaporkan, bahwa ada dua orang meninggal dunia karena insiden tersebut.

Melansir dari Channel News Asia, Rabu (16/11/2022), Kementerian Luar Negeri Polandia mengatakan, roket jatuh di Przewodow. Lokasi itu merupakan sebuah desa di Polandia Timur yang berjarak 6 km dari perbatasan dengan Ukraina.

Menurut media setempat, roket itu mengenai fasilitas pengering biji-bijian. Sayang, ada dua korban yang tewas dalam insiden nahas ini.

-
Dampak ledakan di Przewodow, Polandia (Reuters/Handout)

Baca Juga: Uraa! Singgung Perang Ukraina di Parade Militer, Putin: Demi Rusia untuk Kemenangan

Presiden Polandia, Andrzej Duda, pun telah buka suara. Dia menyatakan, masih menyelidiki roket yang diduga buatan Rusia tersebut.

“Kami tidak memiliki bukti konklusif sekarang mengenai siapa yang meluncurkan rudal ini... Kemungkinan besar itu adalah rudal buatan Rusia, tetapi ini semua masih dalam penyelidikan sekarang,” kata Andrzej Duda, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (16/11/2022).

Meski begitu, sebagai anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Andrzej Duda tidak menutup kemungkinan meminta konsultasi berdasarkan Pasal 4 aliasi militer NATO.

Baca Juga: Makin Panas! Putin Peringatkan Finlandia agar Tidak Gabung di NATO

"Duta Besar kami akan menghadiri pertemuan Dewan Atlantik Utara, besok pukul 10 pagi (waktu setempat) di markas NATO ... sangat mungkin bahwa duta besar akan meminta aktivasi Pasal 4, atau konsultasi sekutu," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X