Respons Wacana Koalisi Besar di Pilpres 2024, Puan: Yang Terbaik, PDIP akan Mendukung

- Selasa, 4 April 2023 | 17:18 WIB
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. (Dok. DPR RI)
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. (Dok. DPR RI)

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku mendukung wacana pembentukan koalisi besar yang terdiri dari lima parpol yakni, Golkar, PAN, PPP, Gerindra dan PKB di Pilpres 2024 asal terbaik untuk bangsa dna negara. Adapun koalisi besar ini akan menggabungkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). 

“Yang terbaik untuk bangsa dan negara, yang terbaik untuk rakyat, PDI Perjuangan pasti akan mendukung hal tersebut,” tutur Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga: 5 Ketum Parpol Pro Pemerintah Bakal Kembali Bertemu Bahas Koalisi Besar

Kendati demikian, Puan mengingatkan agar  koalisi besar lahir dari semangat kesamaan visi-misi antar parpol dan cita-cita bersama membangun Indonesia. 

“Koalisi itu kan bisa dilakukan jika kemudian visi dan misi atau kemudian cita-cita dari semuanya itu bersepakat untuk bisa melakukannya,” ujar Puan. 

“Jadi, ya setuju kalau memang itu dilakukan dengan cita-cita dan visi dan misi yang sama untuk Indonesia,” imbuh dia.

Tak Merasa Ditinggalkan

Selain itu, Puan mengaku tidak merasa ditinggalkan oleh partai politik lain lantaran absen dalam pertemuan Silaturahmi Ramadhan yang digelar PAN bersama Presiden Joko Widodo serta partai pendukung pemerintah, pada Minggu  (2/4/2023). 

Puan mengatakan, dirinya dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri turut diundang dalam pertemuan tersebut. Namun, berhalangan hadir lantaran tengah berada di luar negeri. 

“Saya terima undangannya, hanya kebetulan berhalangan hadir, begitu juga ibu ketua umum karena hari itu berhalangan hadir, jadi bukan tidak diundang dan tidak mau hadir,”  kata Puan.

Baca Juga: Tanggapi Wacana Koalisi Besar KIB-KKIR, Demokrat Yakin Pengusung Anies Lebih Baik

Lebih lanjut Puan menuturkan, PDIP akan hadir pada agenda pertemuan selanjutnya. Sebelumnya, Ketum PAN Zulkifli Hasan juga memastikan lima ketua umum parpol pro pemerintah akan kembali bertemu. 

“Jadi insyaAllah pada kesempatan lain, PDIP akan hadir,” ujarnya.

Koalisi Besar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai cocok apabila Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) bergabung menjadi satu koalisi besar. Adapun KIB digagas oleh Golkar, PAN dan PPP, sedangkan KIR berisikan duet partai Gerindra dan PKB.

“Saya hanya bilang cocok. Terserah kepada ketua-ketua partai atau gabungan ketua partai,” kata Presiden Jokowi saat hadir di acara silaturahmi Ramadhan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Minggu (2/4/2023).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X