The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Wow! Sapi di Kabupaten Ini Harganya Cuma Rp2 Juta Per Ekor, tapi...
Sapi perah dijual murah (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)
News

Wow! Sapi di Kabupaten Ini Harganya Cuma Rp2 Juta Per Ekor, tapi...

Jumat, 24 Juni 2022 17:09 WIB 24 Juni 2022, 17:09 WIB

INDOZONE.ID - Sedikitnya 314 ekor sapi di Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, dipotong paksa ke rumah jagal. Tidak hanya itu, sapi tersebut dijual murah meriah. Mulai Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. Padahal biasanya untuk satu ekor sapi harganya Rp20 juta hingga Rp25 juta per ekor. 

Usut punya usut, peternak di kecamatan Pudak terpaksa melakukan hal tersebut biar enggak terlalu merugi. Sapi yang dipotong paksa adalah sapi yang baru terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

sapi murah
Sapi baru terjangkit wabah PMK (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Salah satu peternak di Desa Pudak Kulon, Toro mengaku sebelumnya mempunyai 20 ekor sapi. 8 ekor sapinya mati karena PMK. Ada 7 ekor yang belum sampai mati namun harus dipotong paksa di rumah jagal. Kini Toro cuma punya 5 ekor sapi lagi yang tersisa dan masih sehat. Sapi yang dipotong paksa dijual Toro seharga Rp2 juta per ekor.

wabah pmk
Sapi yang terjangkit wabah PMK dipotong paksa (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Kepala Desa Pudak Wetan, Suwanto mengatakan bahwa sapi yang dipotong paksa adalah yang terkena PMK dan fisiknya sudah lemah. Harapan untuk sembuh pun tidak ada.

“Dipotong atau disembelih di rumah pemotongan hewan (RPH) atau tempat jagal hewan di Ponorogo. Bahkan RPH-nya pun sampai luar Kabupaten Ponorogo, ada di Madiun hingga Provinsi Jawa Tengah,” ujar Suwanto kepada Tim IDZ Creators, Pramita Kusumaningrum.

Menurutnya, langkah potong paksa dilakukan untuk mengurangi beban kerugian yang terjadi. Dia lalu membeberkan, rata-rata harga beli sapi perah itu Rp25 juta per ekornya.

wabah pmk
Sapi terpaksa dijual murah karena PMK (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Bisa dihitung sendiri kerugian yang diperoleh jika sapi tersebut mati. Suwanto mendesak Pemerintah Daerah setempat untuk cepat menanggulangi wabah PMK ini.

"Semoga untuk obat, antibiotik, vitamin, ketersediaan dari pemerintah bisa terealisasi. Apalagi vaksin dari Pemerintah Pusat segera terealisasi ke masyarakat, supaya wabah PMK segera selesai," pungkasnya.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Pramita Kusumaningrum
Pramita Kusumaningrum

Pramita Kusumaningrum

Community Writer
JOIN US
JOIN US