Duh! Ponorogo Terancam Kekurangan Stok Sapi Kurban

- Senin, 6 Juni 2022 | 16:38 WIB
Sapi di Ponorogo (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)
Sapi di Ponorogo (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Momen Idul Adha selalu ditunggu para pedagang sapi di Pasar Hewan Jetis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Bagaimana tidak, biasanya sapi mereka bakal laku dengan harga tinggi. Namun enggak dengan tahun 2022 ini. Mereka meratapi nasib, karena harga sapi yang dijual menurun drastis. Pun pembeli sapi juga menjadi sepi.

Dari pantauan Tim IDZ Creators, Pramita Kusumaningrum, Senin (6/6/2022) siang, Pasar Hewan Jetis, yang biasanya ramai pada pasaran Pahing, kini sepi.

-
Pedagang sapi mengeluh turun pemasukan (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Penanggung jawab Pasar Jetis, Gianto menjelaskan kalau jumlah penjual dan pembeli sapi menurun 75 persen dari hari biasanya.

"Ini cuma pedagang sini saja, peternak lokal cuma 25 persen," ucap Gianto.

Hal ini diduga karena Kabupaten Ponorogo menjadi salah satu daerah tertular Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dari data, ada 402 ekor sapi yang tertular PMK di Bumi Reog ini. Baik itu sapi perah atau sapi daging. 

-
Pasar Hewan Jetis sepi pedagang dan pembeli sapi (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Salah satu penjual sapi, Miko mengaku jika sebelumnya ia bisa menjual sapi seharga Rp25 juta. Bahkan pada Idul Adha tahun lalu, dia bisa menjual Rp27 juta per ekor sapi. Namun kini, semuanya menurun drastis!

"Harga sapi anjlok, sebelumnya Rp25 juta sekarang tinggal Rp22 juta," tutur Miko.

Pedagang lain, Adi Santoso mengatakan harga sapi juga ada yang anjlok Rp8 jutaan. Begitu juga dengan harga sapi tanen atau induk.

"Harga sapi tanen, sapi pembibitan separuh harga turunnya, sapi gemuk atau daging turun Rp8 jutaan," kata Adi Santoso.

Adi khawatir saat Idul Adha nanti warga akan kesulitan mencari hewan kurban. Sebab, pasokan dan stok sapi berkurang. Pun juga peminat sapi menurun karena PMK.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
IDZ Creators

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X