Bukan Badai, BMKG Sebut Prakiraan Cuaca Hari Ini Hujan Sedang hingga Lebat di Jabodetabek

- Rabu, 28 Desember 2022 | 09:06 WIB
Ilustrasi langit mendung. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Ilustrasi langit mendung. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Pihak Badan Meteorologi Klomatologi dan Geofisika (BMKG) buka suara mengenai potensi cuaca ekstrem hingga badai di kawasan Jabodetabek yang ramai dikabarkan akan terjadi hari ini, Rabu (28/12/2022).

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, prediksi cuaca hari ini lebih ke arah hujan sedang hingga lebat, bukan badai.

"Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat namun bukan badai," ujar Guswanto saat dikonfirmasi, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Hari ke-4 Operasi Lilin 2022 di Seluruh Indonesia, Ini Hasilnya

Meski begitu, ia menghimbau agar masyarakat tetap memperbarui informasi kanal-kanal resmi BMKG mengenai prakiraan cuaca.

Masyarakat juga diminta agar selalu waspada terhadap segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," sambung Guswanto.

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab menyatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

"Peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022," ujar Fachri.

Sebelumnya peneliti klimatologi di Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin menyatakan, adanya potensi banjir besar di Jabodetabok melalui unggahannya di twitter @EYulihastin.

"Potensi banjir besar Jabodetabek. Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," tulis Erma yang dikutip Indozone, Selasa (27/12/2022).

Menurutnya, hal tersebut berdasarkan hasil analisis data Satelite Early Warning System (Sadewa), badai dahsyat dari laut akan dipindahkan ke darat melalui dua jalur.

Baca Juga: Disebut Ada Potensi Badai, Ini Prakiraan Cuaca Jabodetabek Besok!

"Dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst) dan dari utara melalui angin permukaan yg kuat (northerly, CENS)," Sambung Erma.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X