Tiba di Gedung KPK, Mantan Panglima GAM Langsung Jalani Pemeriksaan

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:28 WIB
Mantan Panglima GAM tiba di Gedung KPK. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin).
Mantan Panglima GAM tiba di Gedung KPK. (INDOZONE/Asep Bidin Rosidin).

Buronan kasus dugaan penerimaan gratifikasi Izil Azhar tiba di gedung merah putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berdasarkan pantauan, ia tiba di kantor lembaga antirasuah sekira pukul 19:42 WIB. 

Izil Azhar terlihat mengenakan rompi oranye dan topi di kepalanya. Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu terdiam dan menundukkan kepala sambil berjalan memasuki gedung KPK.

Izil Azhar dikawal ketat saat tiba di gedung KPK. Dia masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 2018, dan berhasil ditangkap di wilayah Banda Aceh, pada Selasa (24/1/2023) kemarin.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut, pihaknya telah memeriksa kesehatan Izil Azhar sebelum dibawa ke Jakarta. 

“Iya kemarin sudah dilakukan pemeriksaan cek kesehatan dan lainnya. Hari ini dijadwalkan di bawa ke Jakarta,” kata Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: KPK Tangkap Mantan Panglima GAM, Buronan Kasus Korupsi Dermaga Sabang

Diketahui, KPK berhasil menangkap Izil Azhar yang ditetapkan ke dalam daftar pencarian orang (DPO) terkait kasus dugaan gratifikasi proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang tahun anggaran 2006-2011.

“Benar, Selasa  (24/1) dengan bantuan tim dr Polda NAD, tim berhasil menemukan DPO KPK an.Izil Azhar,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. 

Baca Juga: Ditangkap di Banda Aceh, KPK Bawa Eks Panglima GAM Izil Azhar ke Jakarta Hari ini

Izil Azhar merupakan orang kepercayaan mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf. Dia telah menjadi buronan sejak November 2018.

Ali menuturkan, pihaknya telah memantau keberadaan Izil Azhar dengan dibantu kepolisian daerah (Polda) Nanggroe Aceh Darussalam. Izil Azhar sudah diketahui berada di Banda Aceh sejak Desember 2022.

"Sebelumnya koordinasi antara tim KPK dan Polda Banda NAD sudah dilakukan sejak Desember 2022. KPK apresiasi jajaran Polda NAD yang telah membantu KPK dalam pencarian dan penangkapan DPO KPK dimaksud," ungkap Ali. 

Ali mengatakan, Izil Azhar akan langsung dibawa ke Gedung Merah Putih KPK. Dia bakal diperiksa intensif oleh tim penyidik. 

"Berikutnya DPO segera akan dibawa ke Jakarta untuk proses lebih lanjut," kata Ali. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X