Indonesia Siap Bantu Australia untuk Tangani Karhutla
Pasukan bantuan kemanusiaan Indonesia yang terdiri atas personel Satuan Setingkat Peleton (SST) Zeni TNI Angkatan Darat,personel Marinir, personel Fasilitas Konstruksi TNI Angkatan Udara, dan personel Pusat Kesehatan TNI tiba di Royal Australian Air Force
News

Indonesia Siap Bantu Australia untuk Tangani Karhutla

Senin, 03 Februari 2020 12:55 WIB 03 Februari 2020, 12:55 WIB

INDOZONE.ID - Pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap membantu menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di New South Wales, Australia. Sebanyak 38 personel bantuan kemanusiaan Indonesia akan dikerahkan.

38 personel tersebut terdiri atas 26 personel Satuan Setingkat Peleton (SST) Zeni TNI Angkatan Darat, enam personel Marinir dan empat personel Fasilitas Konstruksi TNI Angkatan Udara.

Dua personel Pusat Kesehatan TNI juga dikabarkan telah tiba di Royal Australian Air Force (RAAF) Base Richmond, New South Wales pada 2 Februari 2020.

Pasukan TNI tersebut bakal diterjunkan di wilayah Blue Mountain untuk pembersihan lahan yang terbakar.

Duta Besar RI untuk Australia Kristiarto Legowo mengatakan, pemberian bantuan kemanusian Indonesia itu merupakan perwujudan dari persahabatan dan kemitraan yang sejati antara Indonesia dan Australia, sekaligus juga amanat konstitusi.

Kerja sama antara Indonesia dengan Australia melalui pemberian bantuan kemanusiaan memiliki sejarah panjang. Dimulai dari pemberian bantuan Indonesia saat bencana topan Tracy terjadi di Darwin pada 1947 hingga pemberian bantuan Australia saat tsunami Aceh dan Nias yang terjadi pada tahun 2004.

Australia juga mengerahkan timnya untuk menangani gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi pada 2019 lalu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU