Masa Pandemi Corona, KPAI Dorong Budaya Lingkungan Ramah Anak

- Jumat, 3 April 2020 | 18:30 WIB
Ketua KPAI Susanto. (Photo/ANTARA/Dewanto Samodro)
Ketua KPAI Susanto. (Photo/ANTARA/Dewanto Samodro)

Selama masa pandemi Corona, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mendorong penguatan budaya ramah anak. Menurutnya hal itu menjadi jaminan kepada anak agar tumbuh berkembangnya menjadi terjamin.

"Tumbuhkan budaya kepeloporan di lingkungan warga untuk mewujudkan lingkungan ramah anak," kata dia di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Susanto memberikan contoh budaya yang baik di tengah masyarakat seperti kepeloporan RT dan RW mengonsolidasi warganya membiasakan hidup bersih dan sehat, tanggap, dan cepat.

Contoh lainnya, menurut Susanto budaya yang baik di masa pandemi Corona pihak RT maupun RW dapat mengambil langkah jika anggota warganya yang ODP, PDP, dan positif virus corona.

Bagi Ketua KPAI itu, kepeloporan akan menumbuhkan lingkungan warga yang sehat dan berdampak positif bagi upaya menumbuhkan budaya warga yang ramah anak.

"Didiklah anak dengan pembiasaan baik dan membahagiakan serta dapat mencegah anak dari paparan virus corona," tambahnya.

"Pastikan anak menggunakan teknologi dan informasi secara sehat. Adanya kebijakan belajar di rumah saat ini, potensi anak menggunakan teknologi dan informasi sangat tinggi, maka orang tua dan keluarga mesti memastikan anak dapat mengelola waktu secara tepat, memiliki literasi dan resiliensi menggunakan 'gadget' serta selalu dalam pantauan dan bimbingan keluarga," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X